1. Home
  2. /
  3. Finance
  4. /
  5. Tips Presentasi untuk Public...
   

Tips Presentasi untuk Public Speaking

Tips Presentasi untuk Public Speaking

Berbicara di depan umum bisa menjadi tantangan bagi banyak orang. Acara yang sukses di mana Anda ditampilkan sebagai Public Speaking dapat menjadi hal yang menarik bagi Anda. Menerapkan beberapa strategi khusus untuk memiliki presentasi berbicara di depan umum yang sukses. Strategi-strategi ini juga dapat membantu menenangkan ketegangan yang muncul ketika Anda berpartisipasi dalam acara-acara berbicara di depan umum.

Gunakan Alat Bantu Visual dalam Public Speaking

Ketika kebanyakan Public Speaking memikirkan alat bantu visual, selebaran tercetak adalah hal pertama yang terlintas dalam pikiran. Alat bantu visual dapat membuat presentasi tampak tidak terlalu rumit, karena peserta memiliki bahan referensi saat Anda berbicara. Namun, selebaran mungkin bukan metode alat bantu visual yang paling berhasil. Sebagian besar peserta akan lebih memperhatikan handout daripada presentasi Anda. Sebagai pengganti handout, pertimbangkan untuk menggunakan media komputer seperti PowerPoint atau papan tulis untuk mengilustrasikan visual Anda.

Tetap pada Pesan

Di zaman di mana pendengar dapat memperoleh informasi melalui riset Internet sederhana, jaga agar pesan Anda tetap sederhana, ringkas, dan langsung pada intinya. Hindari pergi ke arah yang berbeda atau terlalu memperluas topik presentasi Anda. Semakin jelas dan ringkas pesannya, semakin baik Anda dapat menyampaikan pesan kepada audiens.

Bersiaplah untuk menjawab pertanyaan hanya setelah Anda mempresentasikan setiap topik atau subbagian. Mengizinkan audiens untuk mengendalikan presentasi biasanya menyebabkan presenter keluar dari topik. Presenter kehilangan perhatian dan fokus audiensnya.

Jadilah Penghibur

Humor membawa celoteh ke dalam keterlibatan berbicara di depan umum. Tambahkan banyak humor ke presentasi Anda dan pesan Anda. Pertimbangkan lelucon singkat tentang materi pelajaran atau gambar lucu pada presentasi PowerPoint. Penonton akan menghargai nilai hiburan, dan tawa akan menarik perhatian mereka. Ini juga membantu audiens Anda untuk lebih menyimpan informasi yang Anda komunikasikan.

Libatkan penonton dalam humor, mintalah sukarelawan, mainkan permainan, atau olok-olok diri sendiri. Ini dapat membantu membuat upaya berbicara di depan umum menjadi berkesan dan mudah untuk dilalui. Humor juga dapat mengurangi saraf Anda untuk berbicara di depan umum, karena tawa meningkatkan endorfin. Endorfin adalah zat kimia otak yang berhubungan dengan perasaan bahagia. Tidak ada obat yang lebih baik untuk saraf daripada sedikit tertawa.

 

Tag: , ,


Leave a Reply

*

code