Tips Menjaga Tulang Tubuh Manusia Agar Tulang Sehat

Bagaimana menjaga tulang tetap kuat

Memelihara Tulang
Tulang dapat mengalami kelainan. Kelainan tersebut dapat disebabkan oleh kecelakaan, penyakit, atau kebiasaan buruk.

Kecelakaan
Ganguan pada tulang yang diakibatkan oleh kecelakaan, misalnya:

  1. Retak tulang (fisura)
  2. Patah tulang (fraktura) patah tulang dibedakan menjadi dua, yakni patah tulang terbuka dan patah tulang tertutup. Patah tulang terbuka adalah patah tulang yang merobek permukaan kulit, akibatnya tulang mencuat keluar. Sedangkan patah tulang tertutup adalah patah tulang yang terjadi di dalam permukaan kulit sehingga tidak tampak dari luar.
  3. Memar, disebabkan oleh selaput sendi yang robek.
    Penyakit
    Adapun penyakit yang sering menyerang tulang diantaranya adalah:
  4. Rakhitis. Terjadi pertumbuhan yang kurang baik pada tulang. Ditandai tulang kaki yang membentuk huruf X atau O. Penyakit rakhitis dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D. Sinar ultraviolet (matahari pagi) pada pagi hari juga dapat membantu pembentukan vitamin D.
  5. Osteoporosis. Biasanya menyerang wanita yang berusia 45 tahun dan pria diatas 50 tahun. Tulang menjadi rapuh dan mudah patah. Biasanya dialami pada tulang leher, tulang pengupil, dan tulang paha.
  6. Rematik. Rematik dapat menyebabkan persendian menjadi nyeri. Sendi susah digerakkan. Biasanya menyerang tulang lutut, tulang siku, dan pergelangan.
Cara Merawat Tulang Manusia

Gb. 1 Skoliosis, 2. Kifosis, 3. Lordosis – Sumber Gambar materiajar.com

Kebiasaan Buruk
Kebiasaan buruk yang sering dilakukan adalah salah posisi duduk tanpa sandaran kursi. Kebuasa posisi badan salah kerika duduk dapat menyebabkan kelainan pada tulang. Beberapa macam kelainan seperti dibawah ini.

  1. Lordosis. Ruas tulang belakang bengkok ke depan ini terjadi karena sering duduk terlalu membungkuk, badan terlalu jauh dengan meja,
  2. Kifosis, Ruas tulang belakang bengkok ke belakang. Ini terjadi karena sering duduk dengan posisi tulang belakang terlalu ke belakang, badan terlalu dekat dengan meja.
  3. Skoliosis. Ruas tulang belakang bengkok ke samping. Ini terjadi karena sering duduk menyamping.
Menjaga tulang agar tetap sehat

Menjaga tulang agar tetap sehat

Jari terasa Dingin
Apabila kita berada di luar rumah pada malam hari atau di daerah pegunungan dan tempat dingin lainnya, maka badan kita akan terasa dingin, terutama jari-jari. Saat itu, jari-jari atau telapak tangan dan kaki kita terasa lebih dingin dari pada anggota badan lainnya. Kenapa itu bisa terjadi?
Terjadi karena pengaruh saraf pada telapak tangan kita. Suhu kulit diatur oleh saraf-saraf dan kelenjar. Saraf dan kelenjar berfungsi untuk menaikan dan menurunkan suhu tubuh. Apabila udara diluar tubuh terasa dingin, cairan pada saraf dan kelanjar telapak tangan dan kaki berkurang sehingga suhu tubuh menurun. Itu terjadi untuk menyeimbangkan suhu pada anggota tubuh lainnya.
Hal tersebut masih dianggap wajar, kecuali jika terjadi pembekuan jari, misalnya terlalu dingin hingga jaru berubah warna kebiruan arau kulit telapak kaki dan tangan mati rasa. Itu adalah tanda peredaran darah pada telapak tangan rusak. Oleh karena itu, kenakan sarung dan kaus kaki saat udara dingin.

 

Tag: , , , , ,


Related Post

Leave a Reply

+ 27 = 32