1. Home
  2. /
  3. Finance
  4. /
  5. Tips Keuangan Pribadi untuk...
   

Tips Keuangan Pribadi untuk Dewasa Muda

Tips Keuangan Pribadi untuk Dewasa Muda

Meskipun keuangan pribadi adalah subjek yang sangat penting bagi kehidupan, Anda tidak dapat melihatnya di sebagian besar silabus, di sekitar perguruan tinggi, atau bahkan di universitas. Karena kehadiran keuangan pribadi yang sangat tipis pada orang dewasa muda, kebanyakan dari mereka tidak tahu bagaimana mengelola uang mereka, melacak pengeluaran mereka, dan hal-hal yang berkaitan dengan keuangan. Beruntunglah mereka yang orang tuanya mengajari mereka sejak dini, tetapi bagi mereka yang tidak tahu, tidak ada kata terlambat untuk mempelajarinya. Sebagian besar kiat keuangan pribadi dipelajari melalui perjalanan hidup itu sendiri, tetapi kami tidak dapat menyangkal fakta bahwa mempelajari kiat-kiat ini sebelumnya untuk menyingkirkan masalah yang belum pernah terjadi sebelumnya dan meminimalkan kemungkinan risiko dengan pengambilan keputusan yang tepat sangat penting.

Jadi, mari kita lompat ke lima tips keuangan pribadi yang akan membantu Anda membentuk perjalanan keuangan Anda saat Anda masih muda.

1. Pelajari tentang uang Anda

Saat Anda masih muda, ini adalah waktu yang tepat untuk belajar tentang uang Anda. Dengan belajar tentang uang, biasakan juga untuk melacak pengeluaran moneter Anda. Ketahui sumber pendapatan Anda, pengeluaran Anda, tagihan Anda, tabungan Anda.

Yang terbaik adalah mendapatkan aplikasi pelacak uang dan melacak uang Anda dengan pengeluaran harian. Ini akan memberi Anda kebiasaan melacak pendapatan dan pengeluaran, menganggarkan, dan mengalokasikan keuangan Anda dengan bijak.

2. Dapatkan pegangan pada masa depan keuangan Anda

Ya, Anda mendengarnya dengan benar. Anda harus mulai memikirkan apa yang Anda rencanakan untuk dilakukan di masa depan atau sekarang dengan uang Anda. Kami setuju, tidak banyak yang tersisa dari gaji Anda saat Anda dewasa muda. Tapi, mulailah berinvestasi dengan jumlah berapa pun yang tersisa dari gaji Anda.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan seseorang untuk menghemat uang dan membantunya tumbuh untuk masa depan. Mulailah dengan berinvestasi di saham, cryptocurrency, futures, deposito tetap, dan banyak lagi. Terserah Anda jika Anda ingin belajar tentang investasi, perdagangan, atau mengikuti seorang profesional. Pilihannya adalah Anda bisa mulai meminta seseorang yang dekat dengan Anda, untuk mengajarkan dasar-dasarnya. Seorang teman, anggota keluarga, atau tetangga ada kemungkinan besar Anda akan menemukan seseorang yang mengetahui hal itu.

3. Membangun dana darurat Anda

Anda akan menemukan “dana darurat” di hampir setiap tip keuangan yang Anda dapatkan atau baca. Ini adalah salah satu mantra finansial untuk kebebasan dan keamanan finansial yang lebih baik. Jadi, hal pertama sebelum semua investasi adalah menyimpannya untuk diri sendiri, jika terjadi keadaan darurat. Anda mungkin memiliki iuran kuliah, atau beberapa pinjaman untuk dilunasi. Kecuali jika itu membebankan bunga dan Anda memiliki uang cadangan untuk membayarnya, simpan uang untuk diri Anda sendiri.

Situasi seperti pandemi, di mana Anda bisa menganggur tanpa memiliki sumber pendapatan yang layak mungkin akan datang lagi, jadi lebih baik Anda membawa dana darurat. Juga, hal terbaik tentang dana darurat adalah, begitu Anda mulai menabung, Anda akan sampai pada titik di mana itu akan lebih dari sekadar dana darurat, tetapi juga memiliki dana untuk liburan, dan perjalanan liburan.

Biasanya, prinsip untuk menyimpan dana darurat Anda adalah menghitung pengeluaran dasar Anda hingga enam bulan dan menyimpannya. Pengeluaran dasar termasuk pinjaman Anda, biaya tetap yang harus Anda bayar seperti EMI, biaya sekolah atau biaya hipotek, dan sejumlah uang yang dapat Anda gunakan untuk hidup.

4. Mulailah menabung untuk masa depan

Uang bekerja secara misterius dalam jangka panjang sementara peracikan melakukan keajaibannya. Semakin dini Anda mulai menabung untuk masa pensiun, semakin besar jumlah yang akan Anda capai di masa pensiun Anda. Mungkin Anda memiliki mimpi untuk memiliki rumah sendiri, memiliki mobil, atau memiliki bisnis, Anda akan mendapatkan uang untuk itu jika Anda mulai menabung sejak dini.

Jika Anda mulai menabung sejak awal usia 20-an, dan saat Anda menua perlahan seperti anggur yang baik, Anda akan memiliki cukup dana dan menjadikan bekerja sebagai pilihan Anda daripada keharusan. Untuk opsi penghematan yang lebih baik, gunakan rencana pensiun yang disponsori perusahaan di mana Anda juga dapat menghemat pajak.

5. Cerahkan diri Anda tentang pajak

Begitu Anda mulai bekerja, Anda akan menemukan pajak di hampir semua hal. Jadi, sangat penting untuk memahami cara kerja uang, cara kerja pajak, dan cara menghadapinya seperti orang pintar. Pertama, klarifikasi semua keraguan tentang pajak dari kantor Anda. Orang-orang dari departemen Sumber Daya Manusia atau Keuangan dapat membantu Anda dalam hal itu.

Setelah Anda menghapus pajak Anda, pelajari hal-hal baru seperti, berapa persentase pajak rata-rata di negara bagian Anda, dan berapa banyak yang akan Anda dapatkan setelah pajak dari gaji tahunan Anda. Hal-hal seperti ini, mungkin tidak terlihat penting, tetapi ini akan membantu Anda menetapkan tujuan penganggaran bulanan, saat Anda menjalani gaji Anda.

Beberapa perusahaan bahkan memiliki kebijakan mengenai penghematan pajak, yang dapat Anda hubungi kantor Anda untuk informasi lebih lanjut.

 


Leave a Reply