Sejarah Danau Toba dan Potensi Wisatanya

Wisata Danau Toba

Apakah kamu tahu pernah berwisata ke danau toba? kalau belum cobalah kunjungi daerah tersebut. Danau toba terletak di enam kabupaten yakni Tanah karo, Dairi, Samosir, Tapanuli Utara, Toba Samosir, dan Simalungun. danau ini terletak di provinsi Sumatera Utara, Selain tempat wisata bikit Lawang (taman nasional) di pulau Nias.

Danau toba merupakan danau terbesar dan terkenal diindonesia. Danau ini merupakan danau vulkanis. Luasnya sekitar luas 100km x 30km (3000km persegi) di tengah danau ini terdapat pulau vulkanis, yakni Puau samosir. Danau Toba diperkirakan terjadi secara vulkanikakibat sebuah ledakan raksasa sekitar 73.000-75.000 tahun lalu.

Menurut Alan Robock, letusan Toba tidak memicu zaman es. Penelitiannya yang menganalisa emisi 6 miliar ton sulfur dioksida dalam simulasinya menunjukkan pendinginan global maksimum sekitar 15 °C, tiga tahun setelah letusan. Ini berarti garis pepohonan dan salju sekitar 3000 meter lebih rendah dari sekarang. Dalam beberapa dekade, iklim kembali pulih.

Walau ada banyak perbedaan pendapat dan metode, para ilmuan setuju kalau letusan super Toba mengakibatkan lapisan hujan abu yang sangat tebal dan masuknya gas-gas beracun ke atmofer, sehingga mempengaruhi iklim dunia masa itu. Beberapa menduga peristiwa ini memicu zaman es 1000 tahun yang terjadi kemudian.

Letusan tersebut merupakan supervolcano (gunung berapi super) yang paling baru. bahan-bahan vulkanik yang dimuntahkan funung itu sebanyak 2800km kubik. Debu Vulkanik yang di tiup angin menyebar ke separuh bumi, dari cina sampai afrika  selatan. Letusannya terjadi selama 1 minggu, lontaran debunya mencapai 10km diatas permukaan laut.

Gunung Toba
Danau Toba Sumatera Utara

Setelah letusan tersebut terbentuk kaldera yang kemudian terisi oleh air dan menjadi danau toba. tekanan keatas oleh magma yang belum keluar menyebabkan munculnya pulau samosir. ketinggiannya sekitar 1000 meter diatas permukaan laut, membuat daerah danau toba dan pulau Samosir menjadi daerah yang menarik wisatawan dalam dan luar negeri..

Tempat paling menarik adalah tuktuk di pulau samosir. dari parapat trukutuk dapat di capai menggunakan feri penyebrangan. selain pangururan yang menjadi tempat pulau samosir dan pulau Sumatera berhubungan.

Dari danau toba mengalir sebuah sungai besar yaitu sungai asahan, ke laut di sebalah timur. Sungai ini mengalir ke dataran rendah hingga ke daerah perairan selat Malaka di timur pulau Sumatera. Pemerintah memanfaatkan derasnya aliran sungai itu untu sarana PLTA (pembangkit Listrik Tenaga Air). Air yang mengalir dari bendungan dialirkan ke arah turbin sehingga turbin berputar dan menghasilkan energi listrik. PLTA dan bendungan Asahan itu pun menjadi badian objek wisata menarik.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

59 + = 60