Tahukah Anda Rahim Ibu Ternyata Mirip Ruang Kelas Lho

Tahukah Anda Rahim Ibu Ternyata Mirip Ruang Kelas Lho

WAHAI para orang tua! Tahukah Anda….

Menurut hasil penelitian ilmiah dari berbagai macam pakar, seperti dokter ahli syaraf, psikolog, dokter anak, dokter kebidanan, dan lain-lain, bahwa,

  1. Janin sudah mulai belajar sejak dalam kandungan. Rahim ibu lebih menyerupai ruang kelas dari pada anggapan selama ini hanya sebagai ruang tunggu untuk lahir.
  2. Janin telah dapat mendengar secara jelas pada usia enam bulan dalam kandungan, sehingga ia dapat menggerak-gerakkan tubuhnya sesuai dengan irama nada suara ibunya atau cara ibunya berbicara.
  3. Janin juga mampu untuk belajar sedikit mengenai musik pada usia 4/5 bulan dalam kandungan. Artinya: secara pasti janin dapat bereaksi terhadap bunyi dan melodi dengan cara berbeda-beda terhadap ritme atau irama musik. Misalnya: Jika kita memutar lagu berirama lembut, maka janin yang sedang gelisah sekalipun akan merasa tenang atau relaks. Sebaliknya jika kita memutar lagu-lagu dengan irama cepat seperti rock, maka janin menjadi kurang tenang.
  4. Janin dalam kandungan sudah memiliki perasaan, kesadaran, dan daya ingat.
  5. Janin dalam kandungan yang diberi rangsangan musik secara teratur dan terus-menerus ternyata mampu memacu kecerdasan bayi setelah lahir.

Tahukah Anda…

Inilah hal-hal yang dapat dilakukan saat seorang ibu mengandung untuk menciptakan bayi yang cerdas.Calon mama bisa melakukan beberapa hal untuk menstimulasi janin:

  1. Penuhi semua kebutuhan zat gizi yang dibutuhkan janin, seperti asam folat, kalsium, dan zat besi.
  2. Ajak janin Anda bicara, sekadar mengucapkan ‘selamat pagi’, atau bercerita seputar persiapan Anda menghadapi kelahirannya. Bisa juga Anda memperdengarkan musik, atau membacakan kitab suci dan doa pada janin. Lakukan sejak kehamilan memasuki trimester kedua.
  3. Sering-seringlah mengusap perut ketika Anda mengajak janin bicara. Kadang, ia akan meresponnya dengan cara bergerak atau memberi ‘tendangan’. Lakukan sejak trimester kedua hingga menjelang persalinan.

Arahkan cahaya senter ke perut Anda. Selain sebagai upaya mengenalkan konsep terang dan gelap, stimulasi ini bisa menstimulasi otak dan mata janin Anda. Lakukan menjelang trimester ketiga.

Baca: Bagaimana Ketika Anak Remaja Mau Curhat Ke Orang Tua

 

Related Post

Leave a Reply

1 + 4 =