Peran dan Jenis Infrastruktur Pariwisata

Pada postingan ini akan dijelaskan mengenai berbagai hal yang terkait dengan infrastruktur dan kemudian akan dijelaskan mengenai hubungan antara infrastruktur dengan kegiatan pariwisata.

Definisi infrastruktur Pariwisata

Seperti definisi pariwisata, definisi yang menjelaskan mengenai pengertian dari infrastruktur juga terdiri dari berbagai pengertian, antara lain:

  • Sebuah sistem infrastruktur dapat didefinisikan sebagai fasilitas atau struktur dasar, peralatan, instalasi yang dibangun dan yang dibutuhkan untuk berfungsinya sistem sosial dan sistem ekonomi masyarakat (Grigg, 2000).
  • Infrastruktur sebagai struktur dan fasilitas fisik yang dikembangkan oleh badan pemerintah untuk menjalankan fungsi pemerintahan dalam menyediakan air, sumber tenaga, penanganan limbah, transport dan layanan sejenisnya untuk memfasilitasi pencapaian tujuan sosial dan ekonomi (American Public Work Association).
  • Suatu sistem fasilitas umum, baik yang didanai pemerintah maupun swasta yang menyediakan pelayanan yang penting dan mendukung pencapaian standar kehidupan (Associated General Contractors of America).
  • Dalam Tourism Planning disebutkan bahwa infrastruktur dalam konteks perencanaan mengacu pada segala bentuk konstruksi di atas maupun di bawah tanah yang dapat menyediakan kebutuhan dasar untuk menunjang pembangunan seperti pembangunan perkotaan, industri, dan pariwisata. (Inskeep, 1991)

Secara umum, definisi infrastruktur dapat dijelaskan sebagai suatu sistem fasilitas fisik yang mendukung kehidupan, keberlangsungan dan pertumbuhan ekonomi dan sosial suatu masyarakat atau komunitas. Infrastruktur yang dimaksud dalam penelitian ini mengacu pada katersediaan sarana prasarana penunjang. Dalam konteks infrastruktur di Indonesia, infrastruktur di Indonesia lebih dikenal dengan prasarana (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Sarana memiliki sifat mobile seperti mobil, kereta, dll. Sedangkan prasarana memiliki sifat tidak mobile dan merupakan elemen pendukung kegiatan perkotaan seperti jalan, lahan parkir, jembatan, dll.

Peranan Infrastruktur Pariwisata

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, peranan infrastruktur adalah sebagai aspek penting dalam pencapaian pembangunan, baik dalam bidang sosial maupun dalam bidang ekonomi. Peranan infrastruktur dapat dikatakan sebagai mediator antara lingkungan sebagai suatu elemen dasar dengan sistem ekonomi dan sosial masyarakat. Selain itu, peranan infrastruktur juga merupakan elemen pendukung kegiatan perkotaan. Prasarana perlu disediakan dalam suatu kota karena prasarana merupakan kebutuhan dasar (basic needs) dan prasarana dapat menggerakkan pertumbuhan ekonomi. Pengembangan sektor pariwisata sangat terkait dan bergantung pada perkembangan infrastruktur yang tersedia. Peran infrastruktur menjadi sangat penting karena dengan pengembangan infrastruktur dan sistem infrastruktur yang tersedia, akan dapat mendorong perkembangan sektor pariwisata.

SISTEM PARIWISATA FUNGSIONAL

Dari GAMBAR diatas dapat dilihat keterkaitan antara infrastruktur dengan kegiatan pariwisata yang merupakan sebuah sistem yang terintegrasi satu dengan lainnya. Dari berbagai infrastruktur dapat dikembangkan di perkotaan, beberapa infrastruktur yang menjadi sangat penting bagi perkembangan sektor pariwisata yaitu infrastruktur transportasi seperti jalan raya, moda transportasi umum, dan lahan parkir.

Sarana prasarara dan infrastruktur yang telah disebutkan diatas memegang peranan penting dalam perencanaan penggunaan lahan. Beberapa peranan infrastruktur dalam perencanaan penggunaan lahan, khususnya di perkotaan antara lain:

  • Infrastruktur tersebut merupakan respon terhadap permintaan yang ada dengan cara menyediakan jasa-jasa yang dibutuhkan. Penggunaan lahan, baik sekarang maupun pada masa yang akan datang akan menentukan kebutuhan akan infrastruktur.
  • Infrastruktur tertentu dapat menarik dan memicu pembangunan dan pengembangan lahan baru. Ketersediaan akan infrastruktur akan menjadi perwujudan terhadap kebutuhan di daerah tersebut.
  • Infrastruktur dapat menjadi katalisator dalam menciptakan koordinasi yang lebih baik antara fasilitas dengan rencana pengembangan lahan karena investasi infrastruktur dan perbaikan kapasitas terkesan tidak merata.

Jenis Infrastruktur Pariwisata

Infrastruktur di Indonesia dibedakan atas dua kelompok, yaitu sarana dan prasarana. Yang dimaksud dengan sarana adalah yang memiliki sifat mobile seperti mobil, kereta, dll. Sedangkan prasarana memiliki sifat tidak mobile dan merupakan elemen pendukung kegiatan perkotaan seperti jalan, lahan parkir, jembatan, dll. (Sumber : Catatan Kuliah Prasarana Wilayah dan Kota) Berikut ini akan disebutkan berbagai jenis infrastruktur, yaitu:

  • Transportasi
  • Bangunan institusional, sosial dan komersial
  • Bangunan irigasi, drainase dan pengendalian banjir
  • Fasilitas air bersih dan air kotor
  • Fasilitas penanganan limbah padat
  • Pembangkit energi dan distribusinya
  • Fasilitas telekomunikasi
  • Fasilitas olahraga dan rekreasi
  • Infrastruktur kawasan permukiman

Thames Gateaway London dalam Social Infrastructure Framework, 2006 mengemukakan empat sektor dalam pembagian infrastruktur sosial, yaitu:

  • Infrastruktur pendidikan,
  • Infrastruktur kesehatan dan sosial,
  • Infrastruktur rekreasi, kebudayaan, komunitas dan leisure services,
  • Infrastruktur darurat dan penting.

World Bank (1994) membedakan dan mengklasifikasikan infrastruktur kedalam tiga bagian, yaitu sebagai berikut: 

  1. Public Utilities, seperti listrik dan telekomunikasi
  2. Public Works, seperti drainase
  3. Other Transport Sector (yang ditambahkan oleh parkin (1999)), seperti airport, jalur kerena api, transportasi perkotaan.

Berikut ini akan disebutkan mengenai pembagian infrastruktur berdasarkan aspeknya,yaitu sebagai berikut:

  1. Prasarana Olah Raga atau Ruang Terbuka Hijau,
  2. Prasarana Budaya dan Kesenian,
  3. Prasarana Perhubungan,
  4. Prasarana Pariwisata.

Dari penjabaran infrastruktur di atas dapat dikatakan bahwa salah satu sektor yang sangat terkait dengan penyediaan infrastruktur adalah rekreasi yang termasuk ke dalam sektor pariwisata. Selain itu, penyediaan infrastruktur juga dipengaruhi oleh beberapa hal, antara lain yaitu:

  • Populasi
  • Perkembangan ekonomi
  • Penyedia
  • Lokasi
  • Penggunaan lahan
  • Aktivitas
  • Permintaan
  • Faktor Individu

Berdasarkan American Public Works Association, terdapat tiga belas jenis infrastruktur yang menjadi acuan dan menjadi standar dalam perencanaan di sebuah kota, yaitu:

  1. Sistem penyediaan air : waduk, transmisi dan distribusi, treatment plant
  2. Sistem pengelolaan air limbah : pengumpul, pengolahan, pembuangan, daur ulang
  3. Fasilitas pengelolaan limbah padat
  4. Fasilitas pengendalian banjir, drainase, dan irigasi
  5. Fasilitas lintas air dan navigasi
  6. Fasilitas transportasi : jalan, rel, bandar udara (termasuk tanda-tanda lalu lintas dan fasilitas pengontrol)
  7. Sistem transit publik
  8. Sistem kelistrikan : produksi dan distribusi
  9. Fasilitas gas alam
  10. Gedung publik : sekolah, rumah sakit
  11. Fasilitas perumahan publik
  12. Ruang terbuka yang terdiri dari taman kota (sebagai daerah resapan), tempat bermain (termasuk stadion)
  13. Komunikasi

 

 

Leave a Reply

84 + = 93