Paus Biru Ikan Raksasa Yang Menyusui

Ikan Paus Biru Raksasa yang Menyusui

Mungkin kamu mengira hewan terbesar adalah dinosaurus. Padahal ada hewan yang lebuh besar dari pada dinosaurus. Hewan itu adalah paus ikan raksasa yang menyusui

Paus Biru merupakan hewan terbesar di dunia di raksasa yang menyusui, konon lebih besar dari pada dinosaurus yang terbesar. Berat badannya bisa mencapai 150 ton, setara dengan berat 25 ekor gajah afrika yang paling besar. Panjang badannya bisa mencapai 30 meter setinggi gedung 10 lantai, lebih panjang dari pada pesawat jumbo.

Hewan ini sungguh menakjubkan. Walaupun besar, paus biru masih bisa menyelam ke dasar laut hingga kedalaman 1000 meter lalu muncul lagi ke permukaan untuk bernapas.

Jika ada sebuah kapal berbobot 15 ton sepanjang 30 meter tengelam sedalam 1000 meter maka dibutuhkan waktu tahunan untuk mengangkatnya kembali ke permukaan. Namun paus biru terbuar dari bahan yang berongga.

Paus bitu sangat menyayangi anak anaknya. Mereka menyusui walau dengan susah payah. Terdapat otot yang mengelilingi kelenjar susu paus bitu betina. Ketika paus menggerakkan orot ini, tekanan yang dihasilkan membuat induk mampu menyemprotkan air susu langsung ke dalam mulut bayinya. Proses ini harus sangat berhati-hati karena jika bercampur dengan laut yang asin. Akan berbahaya dan mematikan.

Perlu kamu ketahui, paus adalah mamalia sehingga bernapas dengan paru-paru. Air sisi ikan paus juga berbeda pada umumnya. Bentuknya hamper seperti padatan dan sangat berlemak. Karena bentuknya seperti itu, air susu tersebut tidak akan bercampur dengan air laut

Raksasa yang lembut

Di film-film Hollywood, seringkali digambarkan bahwa hewan-hewan laut berukuran raksasa adalah monster-monster jahat yang menyakiti manusia dan membawa kehancuran. Di alam bebas, makluk paling besar di planet bumi ternyata adalah makhluk yang lembut, dan tidak berbahaya.

Dan yang terjadi adalah sebaliknya, paus biru, juga spesies paus paus lain, sangat menderita akibat ulah manusia, dan banyak yang menuju ambang kepunahan. Paus biru termasuk salah satu yang banyak diburu sejak berabad-abad lalu.

Makanan Ikan Paus Biru

Makanan pokok paus biru adalah krill, meskipun mereka juga memakan copepoda dalam jumlah kecil. Spesies zooplankton ini dimakan oleh berbagai paus biru dari satu samudra ke samudra lain. Di Atlantik Utara, Meganyctiphanes norvegica, Thysanoessa raschii, Thysanoessa inermis dan Thysanoessa longicaudata merupakan makanan yang umum. Di Pasifik Selatan, Euphausia pacifica, Thysanoessa inermis, Thysanoessa longipes, Thysanoessa spinifera, Nyctiphanes simplex dan Nematoscelis megalops; di Antartika Euphausia superba, Euphausia crystallorophias dan Euphausia vallentini.

Paus biru dewasa dapat memakan krill sebanyak 40 juta per hari. Mereka selalu makan di wilayah dengan konsentrasi krill yang tinggi, sehingga kadang-kadang memakan kurang lebih 3,600 kilogram (7,900 lb) krill dalam satu hari. Paus biru mengisi perut mereka di perairan yang kaya akan krill di Antartika sebelum bermigrasi ke tempat pembiakan di perairan yang lebih hangat dan kurang kaya akan krill di dekat khatulistiwa.

Mungkin salah satu yang paling spektakuler tentang Paus Biru adalah suara-suara yang mereka buat. Para peneliti telah mengukur suara-suara frekuensi rendah yang dihasilkan oleh paus biru untuk saling berkomunikasi dengan menggunakan decible meter.

Beberapa dari vokalisasi mereka teleh terekam sekeras 188 decibel and dapat didengar sejauh 848 km ! Sebagai perbandingan, suara jet pesawat udara yang sedang lepas landas mencapai 120 decibel. Dengan begitu, bisa disimpulkan bahwa paus biru adalah mahluk hidup yang mampu menghasilkan suara terkeras di dunia.

Ukuran Ikan Paus Biru
Ukuran Ikan Paus Biru

Mengapa Paus Biru bisa berukuran begitu besar? 

Sejauh ini, para peneliti masih belum yakin sebabnya, tapi mereka meyakini secara pasti  bahwa sebesar apapun dinosaurus di masa lalu, mereka tak pernah mencapai ukuran sebesar paus biru. Inilah makhluk paling besar yang pernah hidup di planet bumi raksasa yang menyusuhi, dan masih hidup hingga kini.

Satu alasan penting mengapa paus bisa mencapai ukuran besar adalah mereka mempunyai ruang hidup yang besar, kawasan yang besar untuk bergerak dan menjelajah. Lebih dari 70% planet bumi terdiri dari lautan

 

 

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *