1. Home
  2. /
  3. Pengetahuan Umum
  4. /
  5. Panda Raksasa (Ailuropoda melanoleuca)
   

Panda Raksasa (Ailuropoda melanoleuca)

Giant Panda, Panda Raksasa

Panda Raksasa atau giant panda (Ailuropoda melanoleuca) di hutan bambu lebat di pegunungan berkabut, hujan di barat daya Cina hidup salah satu mamalia paling langka di dunia: panda raksasa, juga disebut panda. Hanya sekitar 1.500 kerabat beruang hitam-putih ini yang bertahan hidup di alam liar.

Panda hampir tidak memakan apa pun selain rebung dan dedaunan. Kadang-kadang mereka memakan tumbuh-tumbuhan, ikan, atau hewan kecil lainnya, tetapi bambu menyumbang 99 persen dari makanan mereka. Panda makan cepat, makan banyak, dan menghabiskan sekitar 12 jam sehari untuk melakukannya. Alasannya: Mereka mencerna hanya sekitar seperlima dari apa yang mereka makan. Secara keseluruhan, bambu tidak terlalu bergizi. Agar tetap sehat, mereka harus makan banyak — hingga 15 persen dari berat badan mereka dalam 12 jam — sehingga mereka makan cepat.

Geraham panda sangat luas dan rata. Bentuk gigi membantu hewan menghancurkan rebung, daun, dan batang yang mereka makan.

Mereka dapat mengunyah bambu setebal satu setengah inci. Untuk membawa bambu ke mulut mereka, mereka memegang batang dengan cakar depan mereka, yang memiliki tulang pergelangan tangan membesar yang bertindak sebagai ibu jari untuk mencengkeram. Seekor panda harus memiliki setidaknya dua spesies bambu di tempat tinggalnya, atau ia akan kelaparan. Kelangkaan bambu mengancam populasi panda yang sudah terbatas.

Panda betina dewasa memiliki berat 90kg. Panda dapat memanjat setinggi 400meter dan juga perenang yang sangat baik. Terkadang panda jantan bersantai dengan melakukan gerakan tangan di pohon.

Panda pemalu; mereka tidak menjelajah ke daerah-daerah di mana orang tinggal. Ini membatasi panda ke daerah yang sangat terbatas.

Nama ilmiah: Ailuropoda melanoleuca
Ordo: Carnivora ·
Lama hidup: 20 tahun (Di alam bebas)
Massa: Betina: 70 – 100 kg (Dewasa)
Tinggi: 60 – 90 cm (Dewasa, Pada bahu)

 

Tag: , , ,


Leave a Reply

*

code