Orang Tua Kekinian Mengikuti Perkembangan Teknologi

orang tua kekinian

Mengapa Orang Tua Harus Mengikuti Generasi sekarang bisa dibilang orang tua kekinian. Di masa sekarang ini, pemahaman yang luas tentang teknologi sangat dibutuhkan orangtua agar dapat mendampingi anak-anak yang sejak lahir pun sudah bersentuhan dengan teknologi.

Hal ini menjadi penting karena kemajuan teknologi dan kemudahan berkomunikasi, serta mengakses segala informasi jika tidak dibarengi oleh kedewasaan berpikir dapat menjadi masalah, terutama untuk tumbuh kembang anak. Selain itu, orangtua yang melek teknologi dapat membantu mengurangi jarak atau kesenjangan antara orang tua dan anak.

Beberapa masalah karena kemajuan teknologi untuk anak misalnya cyberbullying, pornografi, radikalisasi, dan sebagainya.

Apa saja sih yang harus dilakukan orang tua untuk menjadi aktif mengikuti perkembangan teknologi sekaligus melindungi anak-anak dari penyalahgunaan teknologi?

Yuk simak beberapa kiat menjadi orang tua kekinian :

  • Ikut belajar, merupakan satu-satunya cara agar orangtua tidak ketinggalan informasi mengenai teknologi. Bahkan orangtua dan anak dapat bersama-sama mempelajari berbagai hal terkait teknologi, termasuk berbagai aplikasi-aplikasi terbaru, atau tren digital.
  • Orangtua haruslah terus mengusahakan keseimbangan, sekalipun banyak hal positif yang dapat diperoleh dari teknologi, namun pastikan seluruh anggota keluarga juga memiliki kegiatan lain, terutama fisik. Keseimbangan ini sangat penting untuk mendukung kesehatan, keselamatan dan kebahaggiaan.
  • Orangtua harus menjadi teladan bagi anak-anak. Tidak dapat dipungkiri, dalam banyak hal, anak-anak masih melihat orangtua sebagai role model. Jadi, bagaimana orangtua menggunakan teknologi, bagaimana bersikap di dunia maya, serta bagaimana membagi waktu akan diikuti oleh anak-anak.

Anak masa kini memiliki pemahaman yang luas tentang teknologi. Apa saja yang perlu dilakukan orang tua agar sama ‘melek media’-nya dengan anak?

ORANG TUA KEKINIAN  IKUT BELAJAR
Satu-satunya cara agar orang tua dan anak tidak saling terasing dan ngotot pada cara belajar masing-masing adalah dengan ikut belajar tentang perkembangan digital terkini bersama anak. Pikirkan bagaimana tren digital terbaru bisa jadi alat belajar untuk anak.

ORANG TUA KEKINIAN  MENGUSAHAKAN KESEIMBANGAN
Teknologi digital dapat menghadirkan banyak hal positif dalam belajar, menawarkan kegiatan menantang, dan kesempatan untuk belajar menyelesaikan masalah sehari-hari. Namun, pastikan anak-anak memiliki kegiatan yang beragam untuk mendukung kesehatan, keselamatan dan kebahagiaan mereka.

ORANG TUA KEKINIAN MENJADI TELADAN
Untuk melek media dan menjadi pemelajar sepanjang hayat, termasuk bersemangat belajar hal baru secara mandiri, anak-anak masih melihat kepada orang tuanya. Contoh yang sederhana adalah bagaimana etika di dunia maya. Ingat, di dunia tanpa batas, kita adalah juga rekan belajar mereka

Baca Juga Meningkatkan Generasi Emas pada Insan Cerdas dan Berkarakter


Sumber Tulisan Sari dan Parenting

 

Leave a Reply

+ 19 = 22