Menghitung Usia Pohon dan Menghitung Luas Hutan Satu Juta Hektar

Menghitung Umur Pohon

Menghitung Usia Pohon

Mampukah kamu menebak usia pohon? Berikut ada trik yang bisa man teman lakukan. seperti biasa, kita akan menggunakan sains. Tahukah kamu bahwa setiap pohon memiliki lingkaran tahunan? Untuk dapat melihatnya perhatikanlah batang pohon yang telah ditebang.

Lingkaran tahunan menunjukkan usia pohon tersebut. Lingkaran itu berupa garis hitam kecoklatan dalam batang pohon. Di Indonesia, ketika musim hujan tumbuhan bias tumbuh dengan cepat dan baik sehingga lapisan lingkaran pohonnya tampak bersih. Namun, ketika musim kemarau tumbuhan kekeringana sehingga pertumbuhannya terhambat dan lapisan lingkaran pohonnya tampak lebih gelap (coklat atau kehitaman). Dengan demikian, dalam satu tahun batang pohon memiliki dua lapisan, yaitu laposan putih (bersih) dan lapisan hitam (gelap). Satu lapis hitam dan putih itu menunjukkan waktu satu tahun pertumbuhan.
Dengan menghitung lapisan garis pada pohon kamu akan mengetahui umur sebuah pohon.

Menghitung Luas Satu Juta Hektar

Negara kita memiliki hutan yang luas hingga puluhan juta hekar. Hutan-hutan itu tersebar di pulau-pulau besar seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua. Selain itu di pulau-pulau kecil yang belum banyak berpenghuni juga terdapat hutan yang luas.
Nah tahukah kamu berapa luas satu juta hektar? Jika kamu tidak cermat menghitung, maka kamu tidak akan dapat memperkirakan secara tepat. Satu hektar berarti 10.00 meter persegi, yaitu sebuah lahan dengan lebar 100 meter dan panjang 100 meter. Maka 1juta hektar 10.000.000.000 meter persegi. Itu berarti sebuah lahan dengan panjang 100.000 meter dan lebar 100.000 meter atau panjang 100kilometer lebar 100 kilometer.

luas hutanUntuk memudahkan maru pindahkan dari hektar ke kilometre persegi. 1kilometer persegi sama dengan 100 hektar. Maka 1.000.000 hektar berarti 10.000 kilometer persegi sekarang kita menggunakan perbandingan. Luas pulau bali adalah 5.561km persegi untuk memudahkan kita bulatkan menjadi 5.000 kilometer persegi maka didapatkan 1 juta hektar sama dengan sekitar dua kali luas pulau bali. Luas hutan di indonesiaa berpuluh-puluh juta hektar. Kami bias bayangkan luasnya sekarang.

 

Leave a Reply

+ 20 = 28