Mengenal Greenpeace dan Belajar Merenungi Kekayaan Alam

greenpeace indonesia

Greenpeace adalah sebuah organisasi yang bergerak untuk menyelamatkan lingkungan. Greenpeace secara kebahasaan berarti kedamaian yang hijau. Ini merujuk pada bumi yang damai dan nyaman dengan tetap menjaga dan melingungi kelestarian alam sebab hijau merujuk pada kehutanan sebagai paru-paru dunia.
Organisasi ini bersifat global yakni dikembangkan ke seluruh dunia. Didirikan di Vancouver, begara bagian British Columbia, Kanada pada 1971 Greenpeace dikenal menggunakan aksi langsung tanpa kekerasan dan bersifat damai dalam melakukan kampanye.
Pada awalnya Greenpeace berusaha untuk menghentikan pengujian nuklir diangkasa dan bawah tanah. Begitu juga dengan kampanye menghentikan penangkapan ikan paus besar-besaran. Pada tahun berikutnya gerakan organisasi mengarah kearah lingkungan lain seperti penggunaan pukat ikan, pemanasan global, dan rekayasa genetika.
Greenpeace mempunyai kantor regional dan nasional di 41 negara seluruh dunia, termasuk Indonesia. Semuanya berhubungan dengan pusat Greenpeace International di Amsterdam, Belanda. Organisasi global ini menerima pendanaan melalui kontribusi langsung dari perorangan yang diperkirakan mencapai 2,8 juta pendukung keuangan dan juga dana dari perusahaan.
Greenpeace sudah banyak bekerja di banyak wilayah Asia, termasuk menghentikan impor limbah berbahaya, menentang pengiriman radioaktif, dan kampanye melawan pembalakan liar hutan. Greenpeace juga sering bekerjasama dengan berbagai organisasi lokal di tiap Negara, misalnya dengan WALHI (wahana lingkungan hidup) di Indonesia.

Wajah Sungai Indonesia

Wajah Sungai Indonesia Sumber Gambar Greenpeace

Merenungi kekayaan alam Indonesia di negeri tercinta ini juga mempunyai berbagai kekayaan alam baik di darat maupun di laut. Kita punya tambang emas terbesar di dunia yaitu di Tembagapura, Papua. Kita juga punya cadangan minyak bumi dalam jumlah besar waktu itu, juga cadangan batubara yang melimpah waktu itu, Hutan di nusantara kita juga sangat luas menghijau waktu itu.
Tuhan begitu baik kepada bangsa Indonesia. Negara kita dianugerahi tanah yang subur karena merupakan pertemuan jalur pegunungan. Kita bisa melihat berbagai pegunungan di seluruh Nusantara. Wilayah Negara kita berada di daerah tropis yang terlewati garis katulistiwa sehingga kita juga berada di daerah tropis yang terlewati garis katulistiwa sehingga memiliki cukup musim panas dan musim hujan.
Di laut kita punya keanekaragam hayati kita punya berbagai macam ikan. Semua provinsi di negeri kita mempunyai laut yang luas. Para nelayan bisa menangkap ikan dan dalam jumlah besar. Kita juga memiliki berbagai pantai dan terumbu karang yang indah sehingga pesona keindahan alam negeri kita terkenal ke penjuru dunia.
Demikian tuhan telah menciptakan Indonesia. Sebagai pelajar, alangkah baiknya jika mencintai dan menyayangi negeri ini. Kelak dapat membangun negeri ini menjati Negara yang makmur sentosa

 

Tag: , , ,


Leave a Reply

55 − = 48