Sering sekali teman-teman melihat kupu-kupu terbang di sekitar cahaya lampu yang terang. mereka seperti menari dan mengintari lampu. pemandangan yang cukup unik bukan? Mengapa kupu-kupu pada saat terbang dimalam hari sering kali mendekati cahaya lampu atau lentera?

Sebenarnya, kupu-kupu terbang itu bukan tertarik pada cahaya. Justru, kupu-kupu itu tersesat karena cahaya lampu. saat terbang dimalam hari yang gelap, kupu-kupu memanfaatkan cahaya bulan sebagai petunjuk. Artinya, mata kupu-kupu menggunakan cahaya bulan untuk melihat sekitar. Kupu-kupu bisa tahu bahwa dirinya sedang terbang lurus selama cahaya bulan masuk kedalam mata mereka dari sisi yang sama.

Kupu-kupu tersesat terbang di malam hari

Akan tetapi, saat mereka melewati lampu yang menyala terbang, mereka menyangka cahaya lampu itu adalah cahaya bulan. maka, agar cayaha lampu itu masuk ke dalam mata mereka tetap dalam sisi yang sama, mereka terbang menyimpang dari arah lurus dan mendekati sumber cahaya membentuk gerakan spiral. Dalam gerakan membentuk spriral, maka kupu-kupu tersebut kemudian terbang berputar mengelilingi cahaya lampu yang menyala sehingga ia menjadi tersesat.

Serangga yang mempunyai sayap beraneka warna ini menarik untuk kita amati. Mengapa kupu-kupu saat terbang dimalam hari mendekati cahaya lampu atau lentera? Sebenarnya kupu-kupu tersebut bukan tertarik mendekati cahaya lampu melainkan ia tersesat. Selama terbang pada malam hari yang gelap, pandangan kupu-kupu berorientasi pada cahaya bulan. Mereka dapat mengetahui arahnya dengan terbang lurus selama bulan memancarkan cahayanya kedalam mata mereka dari sisi yang sama.

Tetapi bila kupu-kupu melewati cahaya lampu atau lentera yang menyala, maka mereka menganggap cahaya lampu tersebut adalah cahaya bulan. Maka dari itu, agar cahaya tersebut masuk dalam mata mereka tetap dari satu sisi yang sama, mereka akan menyimpang dari arah lurus dan mendekati sumber cahaya itu. Dalam gerakan membentuk spriral, maka kupu-kupu tersebut kemudian terbang berputar mengelilingi cahaya lampu yang menyala sehingga ia menjadi tersesat.

Dunia kupu-kupu memang sangat menarik untuk diamati. Keunikan dari serangga ini adalah memiliki corak warna sayapnya yang berwarna-warni. Selain karena keindahan warnanya, sayap kupu-kupu ternyata berfungsi sebagai alat penyamaran untuk menjaga dari ancaman binatang lainnya.

Namun ternyata kupu-kupu juga bisa tersesat lho. Ketika kupu-kupu terjebak dan terbang pada malam hari, ia akan mendekati cahaya lampu dan berputar-putar mengelilingi cahaya tersebut.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 + 7 =