Cara Menanam Selada dan Syarat Tumbuhnya

Cara Menanam Selada dan Syarat Tumbuhnya

Selada (Lactuca sativa L) merupakan tanaman semusim yang termasuk dalam famili Compositae, genus Lactuca. Selada mempunyai batang yang pendek berbuku-buku sebagai tempat kedudukan daun. Daun selada tersusun tidak beraturan dan membentuk roset sehingga batangnya yang pendek tertutup oleh daun. Daun selada memanjang, kasar dan bertekstur renyah, dengan tulang daun lebar dan jelas. Bentuk daun bulat lebar dan ada juga yang keriting. Selada terdiri dari beberapa tipe salah satunya selada daun.

Selada daun (Lactuca sativa L.) memiliki ukuran, warna dan tekstur yang beragam. Selada daun tidak membentuk krop, sehingga memiliki helaian daun lepas.

Pada umumnya selada daun memiliki bentuk daun yang keriting pada bagian tepinya dan beberapa varietas memiliki daun yang berwarna hijau dan ada juga yang berwarna merah tua (gelap). Salah satu varietas selada daun yang memiliki daun berwarna merah yaitu Red Rapid. Varietas ini memiliki daun lebar dan berukuran besar, tepi daun berombak, dan daun berwarna merah hingga merah kehitaman. Daunnya halus, renyah dan agak manis sehingga lebih disukai konsumen dimakan mentah sebagai lalapan. Gambar Selada varietas Red Rapid dapat dilihat pada Lampiran 3. Selada jenis ini mempunyai beragam manfaat bagi kesehatan yaitu dapat mencegah penuaan dini, menjaga berat badan, membantu penderita sembelit, mencegah kanker, meredakan sakit kepala dam mengatasi insomnia. Kandungan zat gizi dalam 100 gram Selada yaitu : 1,2 g protein, 0,2 g lemak, 2,9 g karbohidrat, 22 mg Ca, 25 mg P, 0,5 mg Fe, 162 mg vitamin A, 0,04 mg vitamin B1 dan 8 mg vitamin C (Direktorat Gizi Departemen Kesehatan RI,1979). Selain itu Selada Merah bermanfaat sebagai penghias makanan karena warna merahnya dapat menghasilkan hidangan yang mewah dalam sebuah makanan.

Cara menanam Selada Merah hampir sama dengan penanaman selada jenis lainnya. Tipe selada daun tahan terhadap kondisi panas dan dingin, sehingga bisa dibudidayakan di dataran rendah maupun di dataran tinggi (pegunungan). Daerah yang cocok untuk penanaman selada sekitar ketinggian 500-2.000 m dpl dengan suhu rata-rata 15-20⁰ C. Syarat media tumbuh selada yaitu harus subur, gembur dan mengandung bahan organik. Keasaman tanah yang baik untuk pertumbuhan selada yaitu pH antara 5-6,8. Kebutuhan selada terhadap unsur hara atau pupuk untuk setiap hektar lahan yaitu Urea 200 kg, TSP 100 kg, dan KCl 100 kg dengan jarak tanam 20 cm x 20 cm (BPTP Sumut, 2012). Selada yang ditanam secara hidroponik mempunyai umur panen yang lebih singkat yaitu sekitar 28-50 hari (Haryanto, dkk, 1996) dengan hasil panen berkisar antara 10-12 ton / ha. Sementara selada daun varietas Red Rapid dari persemaian hingga panen berumur sekitar 35-60 hari. Selada Merah ini memiliki permukaan daun keriting, warna daun merah hingga kehitaman, memiliki berat sekitar 400-600 gram serta tahan terhadap suhu panas dan penyakit virus.

 

Tag: , , , , , ,


Leave a Reply

*

code