1. Home
  2. /
  3. Pengetahuan Umum
  4. /
  5. Masa Depan Energi Matahari Teknologi Energi...
   

Masa Depan Energi Matahari Teknologi Energi Surya

Masa Depan Energi Matahari Teknologi Energi Surya

Dua inovasi terbaru meningkatkan prospek untuk jenis baru teknologi energi surya. Keduanya mengandalkan jenis kristal yang agak tidak biasa. Panel yang dibuat dari mereka telah bekerja selama sekitar 10 tahun. Tetapi panel-panel itu memiliki banyak keterbatasan. Perubahan baru pada desain mereka sekarang mungkin mengarah pada panel surya yang lebih baik dan berpotensi lebih murah.

Panel Photovoltaic (FOH-toh-voal-TAY-ik) mengubah sinar matahari menjadi listrik. Satu penyesuaian pada bahan yang dirancang untuk digunakan dalam jenis panel baru akan membiarkan mereka memanfaatkan lebih banyak energi di bawah sinar matahari. Kemajuan kedua membuatnya lebih mudah untuk menumpuk lapisan bahan ini ke dalam setiap lapisan. Setiap lapisan paling sensitif terhadap panjang gelombang yang berbeda, atau bagian dari sinar matahari. Menumpuk lapisan harus memanen lebih banyak cahaya yang masuk.

Industri besar sudah ada untuk membuat panel surya. Saat ini, hampir semua terbuat dari wafer silikon yang tipis namun kaku. Silikon, dasar pasir, murah. Tapi membuat wafer dari itu bukan. Wafer harus diproduksi dalam kondisi yang dikontrol dengan cermat. Dan panel surya yang sudah selesai tidak akan menekuk.
Sebaliknya, panel surya baru dibuat dengan kristal buatan yang disebut perovskit (Puh-RAHV-skytes). Kristal-kristal ini mengandung beberapa unsur dengan sifat-sifat seperti bromin atau yodium, ditambah logam dan bahan-bahan lainnya. Campuran cairan ini dapat dicat atau digulung ke permukaan apa pun.
Saat cairan mengering dengan cepat, kristal terbentuk. Kristal berbaris sedemikian rupa sehingga membuatnya bekerja dengan baik sebagai semikonduktor – bahan yang terkadang menghantarkan listrik. Namun mereka jauh lebih mudah dan lebih cepat untuk dibuat daripada kristal di panel sel surya berbasis silikon.

Jadi, menutupi lembaran dengan kristal-kristal ini suatu hari bisa secepat mencetak tinta pada panel kertas yang berputar. Tetapi alih-alih berakhir dengan koran, Anda akan berakhir dengan panel surya – panel yang mungkin sefleksibel halaman majalah. Atau, cairan perovskite mungkin dicat ke permukaan struktural. Ini bisa mengubah dinding bangunan yang menghadap matahari menjadi panel surya raksasa.

 

Tag: , , , ,


Leave a Reply

*

code