Makna Kata, Makna Istilah Edisi III (Ketiga)

Makna Kata, Makna Istilah Edisi III (Ketiga)

adenosine triphosphate (ATP) adalah Suatu molekul kompleks yang menyediakan sebagian besar energi untuk aktivitas dalam sel.

Masa remaja adalah Suatu tahap transisi perkembangan fisik dan psikologis yang dimulai pada awal pubertas, biasanya antara usia 11 dan 13, dan berakhir dengan usia dewasa.

efek samping Sebuah istilah yang digunakan oleh regulator dan dokter pemerintah AS untuk menggambarkan efek yang tidak diinginkan terkait dengan penggunaan obat atau suplemen.
attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) Ini adalah kelainan yang ditandai dengan tidak dapat fokus atau memperhatikan, secara fisik terlalu aktif, tidak mampu mengendalikan perilaku, atau kombinasi keduanya.

kafein Sebuah stimulan, yang mengaktifkan sistem saraf dan jantung. Daun, biji dan buah dari banyak tanaman mengandung kafein. Di tanaman kopi dan semak teh, kafein berperan sebagai pestisida alami. Ini akan membunuh atau membahayakan serangga yang mencoba makan di pabrik. Kafein juga beracun bagi beberapa jenis tanaman, bakteri – bahkan kodok dan anjing.

kimia adalah Suatu zat yang terbentuk dari dua atau lebih atom yang bersatu (menjadi terikat bersama) dalam proporsi dan struktur tetap. Misalnya, air adalah bahan kimia yang terbuat dari dua atom hidrogen yang terikat pada satu atom oksigen. Simbol kimianya adalah H 2 O. Kimia juga bisa menjadi kata sifat yang menggambarkan sifat bahan yang merupakan hasil berbagai reaksi antara senyawa yang berbeda.

creatine adalah Senyawa berbasis nitrogen dibuat secara alami oleh hewan dengan tulang punggung. Ini membantu tubuh mereka memasok energi ke sel, terutama pembentukan otot.

suplemen makanan adalah Sebuah kelas produk yang luas yang digunakan orang untuk mempromosikan atau menjaga kesehatan, atau untuk tujuan lain seperti meningkatkan energi. Termasuk vitamin, mineral, produk herbal, asam amino, enzim dan banyak jenis produk lainnya. Suplemen dijual tanpa resep, dan tidak perlu diuji keamanannya atau efektif sebelum dipasarkan.

enzim adalah Molekul yang dibuat oleh makhluk hidup untuk mempercepat reaksi kimia.
Mengeluarkan produk limbah dari tubuh, seperti di dalam air kencing.

hormon (dalam zoologi dan obat-obatan) Bahan kimia yang diproduksi di kelenjar dan kemudian dibawa ke aliran darah ke bagian tubuh yang lain. Hormon mengendalikan banyak aktivitas tubuh penting, seperti pertumbuhan. Hormon berperan dengan memicu atau mengatur reaksi kimia dalam tubuh.

kekebalan adalah Kemampuan organisme untuk melawan infeksi atau racun tertentu dengan memproduksi dan melepaskan sel pelindung khusus.

Ginjal Masing-masing pada sepasang organ dalam mamalia yang menyaring darah dan menghasilkan urine.

Hati adalah Organ tubuh binatang dengan tulang punggung yang melakukan sejumlah fungsi penting. Ini dapat menyimpan lemak dan gula sebagai energi, menghancurkan zat berbahaya untuk ekskresi oleh tubuh, dan mengeluarkan empedu, cairan kehijauan dilepaskan ke dalam usus, di mana ia membantu mencerna lemak dan menetralkan asam.

metabolisme adalah Rangkaian reaksi kimia yang bertahan hidup yang terjadi di dalam sel dan struktur yang lebih besar, seperti organ. Reaksi ini memungkinkan organisme tumbuh, bereproduksi, bergerak dan merespons lingkungannya.

molekul adalah Sebuah kelompok atom netral elektrik yang mewakili jumlah sekecil mungkin dari senyawa kimia. Molekul dapat dibuat dari satu jenis atom atau dari berbagai jenis. Misalnya, oksigen di udara terbuat dari dua atom oksigen (O 2 ), namun air terbuat dari dua atom hidrogen dan satu atom oksigen (H2O).

Nutrisi Zat dalam makanan yang memberi nutrisi pada manusia dan hewan perlu bertahan.

palpitasi adalah Denyut jantung yang cepat yang menarik perhatian pada dirinya sendiri karena kecepatan, kekuatan, atau irama yang tidak rata. Hal itu bisa dipicu oleh stres, aktivitas otot atau penyakit.

pediatri adalah Bidang kedokteran yang berhubungan dengan anak-anak dan terutama kesehatan anak. Seorang dokter yang bekerja di bidang ini dikenal sebagai dokter anak .

Protein Senyawa terbuat dari satu atau lebih rantai panjang asam amino. Protein adalah bagian penting dari semua organisme hidup. Mereka membentuk dasar sel hidup, otot dan jaringan; Mereka juga melakukan pekerjaan di dalam sel. Hemoglobin dalam darah dan antibodi yang berusaha melawan infeksi adalah protein yang paling terkenal dan berdiri sendiri. Obat-obatan sering bekerja dengan menempel pada protein.

mengatur (n regulasi) Mengontrol dengan tindakan atau penegakan hukum. Pemerintah menulis peraturan dan peraturan – undang-undang – yang diberlakukan oleh polisi dan pengadilan.

ritalin Obat yang merangsang sistem saraf pusat dan digunakan untuk mengobati attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) dan penyakit terkait.

Statistik Praktik atau ilmu mengumpulkan dan menganalisis data numerik dalam jumlah banyak dan menafsirkan maknanya. Sebagian besar pekerjaan ini melibatkan pengurangan kesalahan yang mungkin disebabkan variasi acak. Seorang profesional yang bekerja di bidang ini disebut ahli statistik.

stimulan adalah Suatu zat yang menyebabkan perbaikan sementara baik fungsi mental maupun fisik atau keduanya. Kafein adalah stimulan ringan yang untuk sementara meningkatkan kewaspadaan dan membantu melawan kantuk. Stimulan lain, termasuk beberapa obat, memiliki efek lebih kuat atau lebih lama.

suplemen (kata kerja) Untuk menambahkan sesuatu. (dalam nutrisi) Sesuatu yang diambil dalam bentuk pil atau cairan – sering mengandung vitamin atau mineral – untuk memperbaiki makanan. Misalnya, bisa memberi lebih banyak nutrisi yang diyakini bermanfaat bagi kesehatan.

testosteron Meskipun dikenal sebagai hormon seks pria, betina juga memproduksi hormon reproduksi ini (umumnya dalam jumlah lebih sedikit). Ini mendapat namanya dari kombinasi testis (organ utama yang membuatnya pada laki-laki) dan sterol, sebuah istilah untuk beberapa hormon. Konsentrasi tinggi hormon ini berkontribusi pada ukuran, otot dan agresivitas yang lebih besar yang khas pada jantan dalam banyak spesies (termasuk manusia).

vitamin Salah satu kelompok bahan kimia yang penting untuk pertumbuhan dan gizi normal dan dibutuhkan dalam jumlah kecil dalam makanan karena tidak dapat dibuat oleh tubuh.

 

Tag: ,


Related Post

Leave a Reply

49 − 47 =