Lemak Jenuh

Lemak Jenuh

Lemak jenuh adalah sejenis asam lemak. Inti asam lemak adalah rantai panjang atom karbon yang dihubungkan bersama. Dalam lemak jenuh, masing-masing karbon dikaitkan dengan dua karbon lainnya dan memiliki dua hidrogen terikat juga, dengan tiga hidrogen pada karbon terakhir pada akhir rantai. Setiap karbon hanya memiliki ikatan tunggal antara dirinya dan atom karbon di kedua sisinya. Semua obligasi lainnya diambil oleh hidrogen. Molekul tersebut tidak bisa menampung hidrogen lagi, jadi dikatakan jenuh.

Rantai karbon dan hidrogen panjang ini sangat lurus. Saat mereka berkelompok, mereka berbaris dengan mudah. Garis lurus ini membuat lemak padat pada suhu kamar.

Lemak jenuh paling sering ditemukan pada makanan tertentu, seperti daging merah dan produk susu. Minyak seperti minyak kelapa, meskipun, juga memiliki banyak lemak jenuh.

Dalam sebuah kalimat
Para ilmuwan dan dokter dulu khawatir bahwa lemak jenuh tidak sehat namun ternyata mengganti mereka dengan gula atau lemak trans juga buruk.

Orang Dengan Kondisi Medis Tertentu Mungkin Ingin Meminimalkan Lemak Jenuh

Studi tersebut dengan jelas menunjukkan bahwa, rata-rata, lemak jenuh tidak meningkatkan risiko penyakit jantung. Namun, dalam rata-rata itu, ada ruang untuk variabilitas individu. Mungkin kebanyakan individu tidak melihat efeknya … sementara yang lain mengalami penurunan risiko dan yang lain mengalami peningkatan risiko. Yang sedang berkata, pasti ada beberapa orang yang mungkin ingin meminimalkan lemak jenuh dalam makanan. Seiring berjalannya waktu, ilmu genetika pasti akan menemukan lebih banyak cara diet untuk mempengaruhi risiko penyakit kita.

Lemak jenuh memiliki beberapa aspek bermanfaat penting yang jarang disebutkan.

Misalnya, lemak jenuh sangat baik untuk memasak. Karena mereka tidak memiliki ikatan rangkap, mereka sangat tahan terhadap kerusakan akibat panas.

Untuk alasan ini, minyak kelapa, lemak babi dan mentega adalah pilihan yang sangat baik untuk memasak, terutama untuk metode memasak panas tinggi seperti menggoreng.

Makanan yang secara alami tinggi lemak jenuh juga cenderung menjadi sehat dan bergizi, asalkan Anda mengonsumsi makanan berkualitas tinggi.

Termasuk makan / daging yang diolah secara alami, produk susu dari sapi yang diberi makan rumput, coklat hitam dan kelapa.

Baca: Gelatin camilan yang bagus untuk para atlet

Istilah

ikatan / bond (dalam kimia) Keterikatan semi permanen antara atom – atau kelompok atom – dalam sebuah molekul. Ini dibentuk oleh kekuatan yang menarik antara atom yang berpartisipasi. Setelah terikat, atom akan bekerja sebagai satu kesatuan. Untuk memisahkan atom komponen, energi harus dipasok ke molekul sebagai panas atau beberapa jenis radiasi lainnya.

karbon Unsur kimia yang memiliki nomor atom 6. Ini adalah dasar fisik semua kehidupan di Bumi. Karbon ada secara bebas seperti grafit dan berlian. Ini adalah bagian penting dari batu bara, batu kapur dan minyak bumi, dan mampu mengikat dirinya sendiri secara kimiawi untuk membentuk sejumlah besar molekul kimiawi, biologi dan komersial yang penting.

susu Mengandung susu atau berhubungan dengan susu.

lemak Merupakan zat berminyak atau berminyak alami yang ada di tubuh binatang, terutama bila diendapkan sebagai lapisan di bawah kulit atau di sekitar organ tertentu. Peran utama Fat adalah sebagai cadangan energi. Lemak juga merupakan nutrisi vital, meski bisa berbahaya bagi kesehatan seseorang jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih.

asam lemak Sebuah molekul besar yang terbuat dari rantai atom karbon dan hidrogen dihubungkan bersama. Asam lemak adalah blok bahan kimia dari lemak dalam makanan dan tubuh.

hidrogen Unsur paling ringan di alam semesta. Sebagai gas, itu tidak berwarna, tidak berbau dan sangat mudah terbakar. Ini adalah bagian integral dari banyak bahan bakar, lemak dan bahan kimia yang membentuk jaringan hidup.

molekul Sebuah kelompok atom netral elektrik yang mewakili jumlah sekecil mungkin dari senyawa kimia. Molekul dapat dibuat dari satu jenis atom atau dari berbagai jenis. Misalnya, oksigen di udara terbuat dari dua atom oksigen (O2), namun air terbuat dari dua atom hidrogen dan satu atom oksigen (H2O).

Daging merah Sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan daging sapi, domba atau daging lainnya yang tampak berwarna merah bila tidak dimasak – dan tidak berwarna terang (seperti dada ayam) saat dimasak.

lemak jenuh Lemak lemak yang terbuat dari rantai atom karbon, di mana masing-masing karbon memiliki setidaknya dua atom hidrogen yang menyertainya (yang ada di ujungnya memiliki tiga). Rantai ini tidak memiliki ikatan rangkap. Lemak jenuh ditemukan pada lemak hewani (seperti mentega dan lemak babi), dan juga lemak nabati (seperti minyak kelapa). Rantai panjang dan lurus mereka memungkinkan mereka menjadi padat pada suhu kamar.

solid Firm dan stabil dalam bentuk; tidak cair atau gas.

Trans (dalam kimia) Ini mengacu pada posisi atom pada molekul, di sekitar ikatan rangkap. Ketika dua molekul berada pada sisi berlawanan dari ikatan, mereka berada dalam konformasi trans. Ketika mereka berada di sisi yang sama, mereka berada dalam konformasi cis.

lemak trans Pendek untuk asam lemak tak jenuh trans. Lemak trans paling sering dibuat saat ilmuwan menggelembung hidrogen melalui lemak nabati tak jenuh. Saat atom hidrogen mengatur ulang, beberapa turun di sisi berlawanan dari ikatan rangkap, pada posisi trans. Ini menciptakan asam lemak lurus, yang padat pada suhu kamar dan dapat menggantikan lemak hewani dalam makanan olahan. Baru-baru ini, lemak trans tersebut dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan dikeluarkan dari makanan olahan. Jenis lemak trans lainnya terjadi secara alami. Mereka berbeda secara kimiawi. Dan berbeda dengan jenis industri yang diproduksi, lemak trans ini memiliki sejumlah manfaat kesehatan.

 

Tag: ,


Leave a Reply

35 − = 29