Kuda Laut
Selama ini mungkin kamu mengira kuda laut termasuk jenis kuda seperti kuda nil, kuda zebra dan kuda balap. Padahal hewan ini bukan termasuk jenis kuda. Penamaan kuda laut terjadi karena mahluk ini mirip kuda terutama bagian kepala dan perutnya. Hanya saja hanya saja hean ini tidak berkaki karena tinggalnya di dalam laut.

Tahukah kamu, kuda laut sebenarnya termasuk jenis ikan. Kuda laut sama sekali bukan jenis mamalia seperti kuda. Kuda laut bernafas menggunakan insang, ukuran beragam, sekitar 4 sampai 30 senti meter. Artinya dari sebesar jempol tanggan hingga jengkalan tangan. Hewan ini biasanya tinggal di sepanjang pantai. Hidup diantara ganggang dan tumbuhan laut lainnya.

Hewan ini memiliki semacam baju zirah yang terbuat dari tulang. Baju ini melindungi tubuh mereka dari segala jenis bahaya. Kulit zirah kuda laut sangat kuat sehingga jika kuda laut mati dan kering, kamu tidak bisa menghancurkan hanya dengan tangan.

Kuda laut bergerak naik dan turun dengan cara mengubah isi udara dalam kantung renangnya. Jika kantung renang ini rusak, kuda laut akan mati.

Kuda laut memiliki mata yang unik. Masing-masing mata bisa melihat dua buah benda yang berbeda pada waktu yang sama. Tubuhnya berwarna-warni bisa merah, kuning, hijau, dan hitam. Warna bisa berubah sesuai dengan sinar matahari yang masuk ke dalam laut.

Ikan Terbang
Selama ini yang kita kenal sebagai hean terbang adalah burung. Namun, ternyata ada jenis ikan yang bisa terbang. Ikan laut tersebut terbang karena takut atau merasa tertarik oleh cahaya di malam hari.

Kebanyakan ikan terbang hidup di permukaan laut daerah tropis. Ikan ini dapat meluncur keatas (terbang) karena memiliki sirip di dada yang berkembang lebar. Saat meluncur, sirip itu berguna seperti sayap. Sebelum terbang, ikan ini mengayunkan sirip ekor dengan kecepatan hinga 35 mil perjam, setelah meluncur ke udara seperti pesawat yang lepas landas.

ikan terbang indonesia

ikan terbang pada malam hari terjebak cahaya lampu perahu – Sumber imgur.com

Penerbangan (luncurannya) berlangsung hingga 10 hingga 30 detik. Ikan ini dapat melompat (terbang) sejauh 650 kaki (220 meter) atau lebih. Melihat ikan ini melesat ke udara sungguh amat menyenangkan.

Panjang tubuh ikan terbang berkisar antara 5 hingga 20 inchi ikan ini cukup lezat untuk di santap. Salah satu teknik penangkapannya adalah dengan metpde perangkap cahaya. Nealyan cuup menjangkarkan perahunya, lalu menggantungkan lampu pada malam hari. Esok harinya akan banyak ikan terbang dalam perahu. Mereka terjebak karena duka melompat kerika ada cahaya di malam hari

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 + 7 =