Kandungan Likopen Buah Tomat Pencegahan Penyakit Kanker

Lycopene pada Buah Tomat Obat Anti Kangker

Apakah anda suka tomat? Jika tidak, setelah mendengar tentang kemampuan antioksidan yang luar biasa dari lycopene (Lycopene merupakan pigmen merah yang memberi warna pada tomat), anda akan suka dengan buah tomat.

Lycopene adalah pencegahan kanker phytonutrisi – antioksidan dengan manfaat yang luar biasa. Ini yang paling umum ditemukan pada gizi buah tomat , tetapi anda dapat mengkonsumsinya dalam jumlah umum dan pada sayuran. Tomat ini memiliki beberapa sifat yang sama dengan beta-karoten, meskipun mereka tidak identik.

Sebagai pigmen dalam makanan, likopen bertanggung jawab untuk warna merah pada buah tomat, meskipun tidak semua buah-buahan dan sayuran berwarna merah mengandung antioksidan. Buah Tomat bahkan terdaftar sebagai pewarna makanan yang alami dan sehat, likopen tidak larut dalam air dan memberikan pewarnaan banyak kebutuhan dalam makanan pada warna oranye anda sering anda jumpai pada penyedap rasa saus.

Manfaat  Lycopene

1. Antioksidan Paling Baik

Antioksidan sangat penting karena berbagai alasan, terutama di dunia di mana makanan olahan telah menghilangkan sebagian besar dari nutrisi yang seharusnya menjadi asupan tubuh untuk mencegah dan melawan penyakit. Lycopene adalah antioksidan yang mungkin juga bernilai tinggi untuk hal-hal bersifat imunitas.

Apakah anda pernah bertanya-tanya apa jenis pestisida yang pada makanan yang  kebanyakan dikonsumsi orang? Dichlorvos dan atrazin dua pestisida umum yang digunakan di indonesia untuk melindungi tanaman dari serangga. Kedua jenis pestisida ini memiliki efek toksik dalam tubuh manusia. Sayangnya, itu tidak mungkin kita bisa selalu terhindar dari zat kimia, meskipun membeli produk organik ya bisa di bilang awal yang baik.

Untungnya, kemampuan antioksidan lycopene dapat melindungi tubuh anda dari kerusakan yang disebabkan oleh pestisida. Studi menunjukkan bahwa hal itu dapat melindungi dari penyakit liver dan juga membalikkan atau melindungi dari kerusakan ke korteks adrenal anda dengan atrazin.

2. Membantu Mencegah Kanker

Terkait dengan kualitas antioksidan yang kuat, lycopene berperan dalam mencegah dan memperlambat beberapa jenis kanker, membuat setiap makanan yang mengandung makanan pelawan kanker .

Satu hal yang menarik untuk melihat di sini adalah bahwa studi ini berfokus hampir secara eksklusif pada asupan makanan dari lycopene, bukan suplemen. Ada dampak yang signifikan dari kombinasi nutrisi dalam makanan yang mengandung lycopene yang tidak dapat digandakan dalam bentuk suplemen.

3. Menjaga Mata Anda Sehat

Lycopene juga melindungi mata anda dari stres oksidatif yang menyebabkan penyakit mata yang umum, Dalam beberapa eksperimen dengan penyakit katarak ditemukan bahwa lycopene mungkin memiliki kemampuan untuk mencegah atau menunda katarak

4. Meredakan Nyeri Saraf

Neuropati, atau nyeri neuropatik , adalah suatu kondisi nyeri yang kompleks yang disebabkan oleh kerusakan saraf sering disertai dengan kerusakan jaringan lunak. Banyak hal yang dapat menyebabkan neuropati, alkoholisme ke dahan amputasi diabetes. Kadang-kadang terjadi idiopathically, yang berarti tidak ada penyebab yang jelas.

5. Baik untuk Otak Anda

Lycopene juga memiliki manfaat neurologis menarik. Misalnya, pengobatan dengan lycopene telah dieksplorasi sebagai pilihan mungkin untuk menunda timbulnya dan perkembangan Alzheimer penyakit dengan memperbaiki sel dan melindungi sel-sel sehat. Pada pasien yang telah mengembangkan lycopene melawan kerusakan sel dan kematian di otak

Dalam proses yang sama, phytonutrisi ini juga menunjukkan sifat restoratif terhadap serangan epilepsi. Ini sangat penting, karena kejang membatasi oksigen ke otak dan memiliki potensi untuk menyebabkan kerusakan otak permanen jika mereka pergi terlalu lama.

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Dari awal sampai akhir, lycopene juga terbukti menjadi alat dalam melindungi jantung dari sejumlah besar kondisi umum.
Secara khusus terkait dengan penelitian tentang penyakit jantung koroner, gizi tomat khususnya disebut sebagai faktor penentu dalam pencegahan. Secara keseluruhan, tingkat tinggi lycopene dalam aliran darah berhubungan dengan angka kematian lebih rendah pada orang dengan sindrom metabolik , kombinasi dari gangguan yang menyebabkan penyakit jantung.

7. Menjaga Tulang Anda Kuat

Vitamin K dan kalsium bukan satu-satunya hal yang menjaga tulang yang kuat. Lycopene juga membantu menghilangkan stres oksidatif pada tulang yang menyebabkan struktur tulang rapuh dan lemah. Memperlambat apoptosis (kematian sel) yang menyebabkan tulang melemah dan memperkuat arsitektur selular tulang, menjaga mereka sehat dan kuat.

Apa Lycopene?

Molekul kecil yang luar biasa ini pertama kali diisolasi pada tahun 1910, dan struktur molekul penuh ditemukan pada tahun 1931.

Jadi apa sebenarnya lycopene? Pertama-tama, lycopene adalah phytonutrisi. Sederhananya, fitonutrien antioksidan yang ditemukan dalam tanaman hidup. Nutrisi ini tidak awalnya dibuat oleh tubuh manusia, melainkan diproduksi oleh tanaman sebagai pertahanan terhadap kerusakan lingkungan, seperti hama, racun dan kerusakan UV.

Sama seperti tanaman, kita mengalami banyak bahan kimia lingkungan berbahaya dan hal-hal lain, seperti paparan sinar matahari berkepanjangan, yang dapat menyebabkan radikal bebas merusak sel-sel di seluruh seluruh tubuh kita juga. Itulah mengapa begitu penting untuk “makan yang berwarna alami.” Jika anda secara teratur makan tanaman dari semua warna , anda dapat memastikan anda mendapatkan cukup fitonutrien untuk menjaga tubuh anda sehat.

Seperti karotenoid lain, lycopene adalah nutrisi yang larut dalam lemak, yang berarti itu diserap lebih baik bila dikonsumsi bersama lemak, seperti alpukat, minyak zaitun atau biji. Makanan dengan konsentrasi tertinggi likopen tomat, meskipun dapat ditemukan dalam banyak makanan nabati lainnya juga.

Beberapa Makanan Terbaik yang mengandung Lycopene

Sementara kebanyakan studi fokus pada kandungan nutrisi likopen tinggi adalah tomat, ada beberapa makanan tinggi kandungan lycopene yang dapat anda makan ke dalam diet harian anda.

Tomat
Semangka
Jeruk bali
jambu biji
Pepaya
Asparagus
Kol merah
Mangga
Wortel

Efek samping lycopene

Ada kasus yang jarang terjadi dari perubahan warna kulit yang dikenal sebagai “lycopenodermia” dalam beberapa orang yang mengkonsumsi tingkat yang sangat tinggi dari produk tomat. Ini adalah reaksi beracun dan disembuhkan dengan beberapa minggu pada diet lycopene bebas. Ada juga beberapa efek samping yang dilaporkan konsumsi lycopene tinggi yang meliputi diare, mual, nyeri perut atau kram, gas, muntah, dan kehilangan nafsu makan.

Kesimpulan akhir tentang Lycopene

Lycopene adalah antioksidan kuat yang dapat melindungi dan memperbaiki tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh beberapa penyakit. anda bisa mendapatkan banyak hal dalam diet anda dengan mengkonsumsi tomat, semangka, dan buah-buahan umum lainnya dan sayuran. Salah satu cara terbaik untuk memastikan tubuh anda menyerap kandungan lycopene tertinggi adalah untuk menambah panas dan lemak sehat untuk tomat, seperti membuat saus tomat buatan sendiri untuk sambal atau jus tomat.

 

Tag: , , ,


Leave a Reply

*

code