Kadar Air Tanah

Kadar Air Tanah

Kadar air tanah adalah perbandingan antara berat air yang dikandung didalam tanah dengan berat total sampel tanah. Kadar air didalam tanah dinyatakan dalam persen. Jumlah air yang dapat ditahan oleh tanah dinyatakan atas dasar berat atau volume. Dasar penentuannya adalah pengukuran kehilangan berat atau isi selama pengeringan. Contoh tanah tanah dikeringkan pada suhu 105 oC selama 24 jam, dan total pengurangan berat selama pengeringan diukur. kehilangan berat air dalam membagi berat air yang menguap dengan berat kering tanah setelah dikeringkan dalam oven (Pairunan et al., 1997 dalam Nurmawa’dah, 2011).

Dua fungsi yang saling berkaitan dalam penyediaan air bagi tanaman yaitu memperoleh air dalam tanah dan pengaliran air yang disimpan keakar-akar tanaman. Jumlah air yang diperoleh tanah sebagian bergantung pada kemampuan tanah yang menyerap air cepat dan meneruskan air yang diterima dipermukaan tanah. Akan tetapi jumlah ini juga dipengaruhi oleh faktor-faktor luar seperti jumlah curah hujan tahunan dan sebaran tahunan dan sebaran hujan sepanjang tahun (Pairunan, et al.,1997 dalam Nurmawa’dah, 2011).

Nilai lengas berbagai jenis tanah diperlihatkan pada Tabel 1 berikut,

Tabel 1. Nilai lengas untuk berbagai jenis tanah.

Nilai lengas untuk berbagai jenis tanah.

Nilai lengas untuk berbagai jenis tanah.

Salah satu rahasia membuat tanaman subur dan sehat adalah dengan cara mengalirkan air sampai ke dalam akar. Sistem irigasi tetes sangat bagus digunakan untuk tanaman bunga, sayuran, pohon, semak dan tanaman rumah kaca, karena sistemnya yang terus menerus mengalirkan air tetes demi tetes. dengan menggunakan sistem ini kita akan banyak sekali menghemat waktu dan uang karena kita tidak perlu menyiram air berlebihan setiap waktu yang hal ini akan sangat memboroskan pasokan air dan membuat tanaman rusak. Sistem irigasi tetes memerlukan investasi yang tinggi dalam pembangunannya. Selain itu, diperlukan teknik yang tinggi untuk merancang, mengoperasikan dan memeliharanya (Ndrou, 2010).

Pemberian air yang cukup adalah yang paling utama dibutuhkan oleh pertumbuhan tanaman. Setiap tanaman mencoba mengabsorpsi air secukupnya dari tanah untuk pertumbuhan. Jadi yang terpenting untuk tanaman itu adalah, bahwa air dalam tanah itu berada dalam keadaan yang mudah diabsorpsi (Sumarna, 1998)

Interval pemberian air sangat berpengaruh terhadap kelembapan tanah, baik untuk setiap jenis tanaman maupun fase pertumbuhannya (Kurnia, 2002).

Baca : Hal-hal Kecil yang Bisa Mengusir Tumpukan Sampah

Sensor Kelembaban Tanah FC28

Sensor Kelembaban Tanah

Gambar Sensor Kelembaban Tanah

FC 28 merupakan pengindera atau sensor yang dapat mengukur kelembaban tanah dengan menggunakan prinsip dua buah plat yang berfungsi sebagai pengirim dan penerima, menggunakan tanah sebagai medium pengiriman tegangan sehingga penerimaannya berdasarkan pada kelembaban tanah apabila lembab maka hambatannya akan semakin kecil, dan tegangan yang dilalui akan semakin besar, begitu pula sebaliknya.

Spesifikasi sensor fc28 :

  • Tingkat sensitifitas dapat diubah-ubah dengan potensio sebagai sumber pengaturannya.
  • Komparator menggunakan IC LM393 yang bekerja stabil.
  • VCC eksternal 3.3 ~ 5 V
  • GND eksternal GND
  • Dapat digunakan Digital Output yang berupa satuan Biner 0 dan 1
  • Dapat digunakan Analog Output yang berupa satuan bit 0 sampai 1027
 

Tag: , , ,


Leave a Reply

*

code