Buah Jeruk Limau Ungu

Buah Jeruk Limau Ungu

Pernah anda tahu jeruk limau hijau berubah sampai menjadi jeruk warna ungu, perubahan tersebut bukan pada kulit akan tetapi perubahan tersebut terjadi pada daging jeruk limau

Bila Anda memikirkan limau, warna ungu tidak muncul dalam pikiran. Tapi para ilmuwan telah men-tweak gen dari satu jenis kapur. Kulitnya tetap hijau standar. Tapi memotong buah terbuka menunjukkan warna seperti lavender yang mengejutkan – pada daging jeruk berwarna ruby.  Tujuannya bukan untuk membuat buah yang aneh. Daging merah mereka sebenarnya bisa lebih sehat.

Warna baru limau – dan sifatnya lebih sehat – berasal dari antosianin (AN-thoh-CY-uh-nins). Ini adalah pigmen tumbuhan alami merah dan ungu. Orang-orang telah makan antosianin dalam buah dan sayuran sejak zaman prasejarah. Itulah periode sebelum manusia bisa menulis, Tapi, kebanyakan tanaman jeruk tidak bisa membuat antosianin saat tumbuh di daerah subtropis dan beriklim tropis. Dibutuhkan daerah yang lebih dingin, seperti yang ditemukan di Sisilia dan Italia selatan, ia menjelaskan, agar tanaman menghasilkan pigmen ini.

Dan pigmen itu lebih dari sekedar eye-appeal. Seiring waktu, makan lebih banyak dari mereka dikaitkan dengan kenaikan berat badan yang lebih sedikit, kata Monica Bertoia. Dia tidak terlibat dalam penelitian kapur baru. Dia bekerja di Harvard School School of Public Health di Boston, Mass. Sebagai ahli epidemiologi (EP-ih-DEE-mee-OL-oh-gizt), dia membantu menyelidiki faktor-faktor yang dapat membantu menjelaskan risiko penyakit.

Penelitian lain juga menyarankan bahwa makanan yang kaya anthocyanin dapat membantu mencegah obesitas dan diabetes. Dia seorang hortikultura, atau ahli dalam menumbuhkan buah-buahan, sayuran dan tanaman.

Timnya ingin melihat apakah mereka bisa mendapatkan buah tertentu untuk menghasilkan anthocyanin bahkan saat ditanam di daerah yang hangat, seperti Florida. Untuk percobaan baru mereka, para ilmuwan mengambil gen untuk membuat anthocyanin dari anggur merah dan jeruk darah. Mereka memasukkan gen ini menjadi limau dan jenis buah sitrus lainnya.

Menambahkan gen dari satu spesies ke spesies lain disebut rekayasa genetik. Ini mengutak-atik kode genetik limau membuat bunga putih tanaman baru mengambil warna baru yang berkisar dari pink muda sampai fuchsia. Lebih penting lagi, daging buah hijau muda juga menjadi merah maroon atau pink.

Baca : Sejarah Manfaat dan Kandungan Buah Pir

Hasil baru menunjukkan bahwa adalah mungkin untuk menumbuhkan buah yang kaya antosianin di daerah beriklim hangat, para peneliti menyimpulkan. “Memproduksi buah dengan anthocyanin lebih banyak dapat membantu meningkatkan kualitas buah,” . Tetap saja, dia menambahkan, “Kami tidak tahu apa aspek buah lainnya, jika ada, dapat berubah dalam prosesnya.”  Sebagai iklim yang hangat, ia mencatat, buah yang diubah secara genetis mungkin satu-satunya pilihan untuk menanam jeruk tropis yang kaya akan pigmen merah yang sehat.

 

Tag: , ,


Leave a Reply

*

code