Taukah man-teman bahwa sebagaian hewan mengalami daur hidup atau disebut juga metamorfosis? beberapa hewan memang harus mengalami berbagai tahapan berbeda dalam hidupnnya sebelum menjadi dewasa. Tahapan tersebut terlihat dari perubahan bentuk tubuh. Contohnya hewan yang mengalami metamorfosis adalah katak,kupu-kupu dan serangga. Metamorfosis dibagi menjadi dua macam yakni metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.

1. Metamorfosis Sempurna
Metamorfosis Sempurna terjadi pada kupu-kupu, katak, dan kumbang.

Metamorfosis Kupu-Kupu

Metamorfosis Kupu-Kupu

Metamorfosis kupu-kupu, inilah metamorfosis yang dianggap paling sempurna. tentu kamu sering mendengar proses berubahan ulat menjadi kupu-kupu. Pada mulanya kupu-kupu bertelur. Telur tersebut menetas menjadi ulat, ulat kemudian berubah bentuk menjadi panjang dan besar. ulat ini memakan dedaunan untuk mempersiapkan tenaga. Selang beberapa lama, ulat menjadi kepompong.
Dalam kepompong ulat tidak akan makan dan minum. Tubuhnya kemudian mulai berubah menjadi kupu-kupu. Dari punggungnya tumbuh sayap, struktur mulutnya pun berubah. Dalam beberapa waktu, ulat yang hanya bisa merayap berubah menjadi kupu-kupu yang bisa terbang. Setelah benar-benar siap, kupu-kupu merobek kulit kepompong kemudian terbang menjadi kupu-kupu.

Metamorfosis Katak, proses ini dimulai dengan bertelurnya katak dewasa. Telur katak kemudian menetas menjadi berudu. Berudu hidup di dalam air, memiliki ekor serta sirip kecil mirip anak ikan. Berudu kemudian berkembang dan mempunyai insang luar untuk bernapas.
Delapan minggu kemudian tumbuh kaki belakang yang diikuti dengan kaki depan. akan tetapi, ekor berudu masih tampak sehingga bentuknya setengah ikan setengah katak. Lama kelamaan ekornya memendek, paru-paru terbentuk, dan lahirlah katak dewasa.

Metamorfosis Kumbang, Awalnya kumbang betina bertelur. Telur tersebut kemudian menetas menjadi larva. Larva kecil tumbuh menjadi larva dewasa kemudian berubah menjadi pupa. Dari pupa inilah akan lahir kumbang dewasa. Kumbang dewasa inilah yang akan bertelur dan meneruskan siklus metamorfosis tersebut.

Metamorfosis kumbang

Metamorfosis Kumbang

2. Metamorfosis Tidak Sempurna
Metamorfosis tidak sempurna terjadi pada beberapa jenis serangga seperti capung, kepik, belalang dan jangkrik. Hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna hanya melewati tiga tahapan berbeda dalam hidupnya yaitu telur – nimfa – hewan dewasa

education metamorfosis capung

Proses Metamorfosis Capung Sumber Gambar education .com

Metamorfosis Capung, Pada mulanya capung dewasa bertelur. Telurnya menetas dan menjadi nimfa. Nimfa ini hidup di sekitar air, bahkan bisa berenang dan menyelam. Setelah tumbuh ekor serta sayap sehingga bisa terbang dan lahirlah capung dewasa

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

38 − = 30