Fotosintesis Tumbuhan, Ilmu Pengetahuan Tentang Tumbuhan

fotosintesis tumbuhan

Tumbuhan mempunyai pigmen hijau atau zat warna yang disebut hijau daun (klorofil). Klorofil terletak dibawah permukaan bagian atas daun. Lapisan ini merupakan lapisan-lapisan dari sel-sel khusus yang disebut sel pagar. Di dalam setiap sel terdapat kotak sangat kecil berbentuk piringan hitam. Kotak kecil ini disebut kloroplas. Kloroplas berisi klorofil yang berguna untuk menangkap cahaya matahari. itulah dasar pada fotosintesis tumbuhan

Asimilasi merupakan kemampuan untuk mengubah zat-zat lain menjadi karbohidrat dan oksigen tanpa bantuak cahaya matahari, misalnya asimilasi karbon adalah kemampuan tumbuhan untuk mengubah karbon menjadi karbohidrat dan oksigen. Fotosintesis merupakan proses pembuatan makanan pada tumbuhan. dalam melakukan fotosintesis, tumbuhan memerlukan klorofil sehingga fotisintesis hanya dapat dilakukan  oleh tumbuhan yang berklorofil. Tumbuhan mengambil gas karbon dioksida dari udara serta air dan mineral dari tanah. tumbuhan lalu mengolahnya menjadi oksigen dan karbohidrat. Itu semua dilakukan dengan bantuan sinar matahari.

Hasil fotosintesis kemudian disebarkan ke seluruh bagian tumbuhan oleh pembuluh lapis (floem). Karbohidrat yang dihasilkan dalam proses fotosintesis kemudian disimpan dalam bentuk cadangan makanan dibagian tertentu seperti:

  •  Akar, contohnya pada ketela pohon
  • Batang, contohnya pada tebu dan sagu
  • Buah contohnya pada avokad, apel, rambutan dan mangga.
  • Biji, contohnya pada kacang-kacangan, jagung, melinjo, dan padi.
  • Daun, contohnya pada kangkung dan sawi.

Cadangan makanan ini amat berguna bagu tumbuhan dalam melangsungkan hidupnya cadangan makanan ini pula yang dimanfaatkan oleh manusia dan hewan sebagai bahan makanan.

Fungsi Fotosintesis

  • Fungsi utama fotosintesis adalah untuk memproduksi glukosa sebagai sumber energi utama bagi tumbuhan, dengan adanya glukosa ini akan terbentuk sumber energi lemak dan protein pula. Nah zat-zat ini akan menjadi sumber makanan bagi manusia dan hewan, oleh karena itu proses fotosintesis ini sangat penting dalam kehidupan kita.
  • Prose Fotosintesis dapat membersihkan udara. Udara dibersihkan dengan diserapnya karbondioksida dan dihasilkannya oksigen. Sehingga sering kita dengar penanaman pohon untuk membersihkan lingkungan, karena ada proses fotosintesis inilah pohon bisa berguna untuk membersihkan udara kita.
  • Kemampuan fotosintesis tumbuhan pada masa hidupnya akan membuat sisa sisa tumbuhan tersebut tertimbun di dalam tanah. Timbunan dari tumbuhan dalam waktu yang lama akan membuatnya menjadi batu bara yang merupakan bahan baku dan sumber energi pada kehidupan modern.

Baca Juga Bagian-Bagian Tumbuhan Akar Batang dan Daun

 

Tag: ,


This article has 1 comment

  1. terima kasih atas pembagian ilmunya tentang cara kerja tumbuhan dalam berfotosintesis

Leave a Reply

4 + = 11