Dampak Illegal Fishing

Dampak Illegal Fishing

Indonesia sebagai suatu Negara kepulauan yang memiliki wilayah perairan sangat luas memiliki ancaman bagi wilayah perairannya. Tindakan illegal fishing merupakan salah satu ancaman bagi wilayah perairan Indonesia. Potensi sumber daya laut dieksploitasi secara terus-menerus sehingga banyak biota laut yang rusak hingga mati. Tidak hanya sumber daya laut yang menjadi dampak dari tindakan illegal fishing, namun tindakan pencurian ikan tersebut telah memberi dampak bagi keamanan dan perekonomian Indonesia. Tindakan illegal fishing merugikan para nelayan lokal yang mencari ikan secara jujur. Nelayan lokal tidak bebas melakukan aktivitasnya di laut karena banyak sumber daya laut yang telah dikuasai oleh para pelaku illegal fishing. Nelayan lokal kalah bersaing dengan mereka sehingga pendapatan dari hasil memancing di laut tidak sebanyak yang didapatkan oleh para pelaku illegal fishing. Dengan begitu, nelayan lokal banyak yang merugi karena wilayahnya dikuasai oleh para pencuri ikan. Selain itu, dampak dari tindakan illegal fishing juga mempengaruhi perekonomian Negara Indonesia. Banyaknya hasil laut yang dicuri oleh para pelaku illegal fishing mengakibatkan rendahnya pendapatan negara.

Tindakan illegal fishing menjadi perhatian bagi pemerintah Indonesia. Masalah ini merupakan masalah serius yang akan terus dihadapi oleh negara. Indonesia yang merupakan negara dengan wilayahnya yang dikelilingi oleh perairan menjadikan tindakan illegal fishing sering terjadi. Eksploitasi hasil laut secara terus-menerus menyebabkan perekonomian negara mengalami penurunan sehingga kesejahteraan masyarakat juga ikut terancam karena sumber daya laut yang seharusnya menjadi lahan kerja bagi mereka, namun ternyata tidak dapat diandalkan karena hasil laut yang terus berkurang akibat eksploitasi besarbesaran. Kerugian sosial akibat illegal fishing ini menyebabkan nelayan lokal akan kalah bersaing sehingga mata pencaharian mereka berkurang. Eksploitasi secara besar-besaran tidak hanya merugikan para nelayan, namun juga mengakibatkan efek buruk bagi lingkungan.

Dampak dari tindakan Illegal Fishing adalah kerusakan ekosistem dan sumber hayati laut. Banyak terumbu karang yang rusak dan hancur akibat penangkapan ikan yang dilakukan menggunakan alat dan bahan yang dilanggar. Penggunaan bahan-bahan kimia dan alat berbahaya yang tidak ramah lingkungan hanya akan membunuh biota laut, yang pada akhirnya ikan-ikan yang seharusnya tidak untuk ditangkap ikut mati akibat penggunaan alat dan bahan tangkap ikan yang tidak ramah lingkungan. Populasi ikan akan menjadi sedikit karena penggunaan alat tangkap ikan dalam skala besar yang dapat mengakibatkan keberlangsungan perikanan terganggu.

Seperti yang telah dijelaskan, tindakan illegal fishing yang terjadi di Indonesia dipengaruhi beberapa faktor yang salah satunya adalah masih lemahnya penegakan hukum dalam mengatasi kasus ini. Kebijakan pemerintah dalam pengawasan dan pengelolaan wilayah perairan Indonesia juga berpengaruh pada kasus illegal fishing.

Kebijakan dalam pengawasan dan pengelolaan wilayah perairan Indonesia mengalami perubahan rezim antara masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Joko Widodo, yang berpengaruh pada penegakan hukum dalam mengatasi kasus illegal fishing. Perbedaan sistem pemerintahan kedua Presiden tersebut akan dijelaskan di bab berikutnya.

 

Tag:


Leave a Reply

39 + = 46