4 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

4 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Mengherankan, diperkirakan tekanan darah tinggi mempengaruhi lebih dari satu dari tiga orang dewasa di seluruh dunia.Sebagian besar orang dengan tekanan darah tinggi sebenarnya tidak menunjukkan gejala, namun lebih dari sembilan juta kematian setahun dikaitkan dengan pengaruhnya.Hampir setengah dari semua kematian akibat penyakit jantung dan stroke disebabkan oleh tekanan darah tinggi.

Ada kabar baik.Mengambil pendekatan aktif dan positif terhadap kesehatan Anda secara dramatis mengurangi kemungkinan Anda terkena tekanan darah tinggi.Makan dengan baik, berolahraga teratur dan mempertahankan berat badan yang stabil semuanya berdampak pada tingkat tekanan darah Anda.Dan pencegahannya benar-benar menyembuhkan.Mengurangi kemungkinan tekanan darah tinggi adalah pemberdayaan yang terbaik: kesehatan Anda ada di tangan Anda.

Tips berikut untuk menjaga agar tekanan darah Anda tetap turun.Perlu juga disebutkan bahwa mengambil pendekatan holistik juga bermanfaat: menyediakan waktu untuk relaksasi, bernapas dalam-dalam, mengurangi stres atau menemukan cara untuk mengelola stres secara efektif, visualisasi dan meditasi.

Baca : Penyakit Akibat Konsumsi Rokok

Makan sedikit garam
Terlalu banyak garam meningkatkan tekanan darah Anda, jadi penting untuk makan sesedikit mungkin.Faktanya, beberapa orang dengan tekanan darah tinggi mungkin bisa menghindari obat tekanan darah dengan cara menebang garam.Sebagian besar garam yang Anda makan bukan makanan yang Anda tambahkan, tapi juga makanan siap saji seperti roti, sereal sarapan dan makanan siap saji.

Makan lebih banyak buah dan sayuran
Mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran membantu menurunkan tekanan darah.Orang dewasa harus makan setidaknya lima porsi buah dan sayuran setiap hari.Sebagian adalah 80 gram, atau kira-kira seukuran kepalan tangan Anda.Cobalah untuk makan berbagai macam buah dan sayuran.Kering, beku dan tinned baik-baik saja, tapi hati-hati untuk menambahkan garam, gula atau lemak.

Jaga agar berat badan tetap sehat
Kehilangan berat badan, jika perlu, akan membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko masalah kesehatan.Cara terbaik menurunkan berat badan adalah memilih lebih banyak makanan utuh (kurang olahan makanan), dan meningkatkan aktivitas fisik Anda.Tetapkan tujuan Anda sendiri yang realistis.Buatlah perubahan kecil pada kebiasaan makan dan tingkat aktivitas Anda yang dapat Anda simpan seumur hidup.

Lebih aktif
Sedang aktif selama 30 menit lima kali seminggu dapat menjaga kesehatan jantung Anda, dan bisa menurunkan tekanan darah Anda.Jika Anda tidak dapat menemukan 30 menit di hari Anda, meningkatkan aktivitas Anda bahkan dengan sedikit bantuan.Pikirkan bagaimana Anda bisa lebih aktif dalam kehidupan sehari-hari Anda.Setiap aktivitas yang membuat Anda merasa hangat dan sedikit kehabisan nafas sangat ideal.

 

This article has 2 comments

  1. Untuk menghindari tensi darah sering naik, pertama adalah jangan makan di,luar, baik di rumah makan atau di restoran. Makanan yang mereka sajikan untuk orang sehat, bukan untuk penderita darah tinggi. Saya berkali-kali mengalami tensi naik setelah makan di luar.

    Oleh karena itu, sekarang saya jarang makan di luar, kecuali ada acara yang harus saya datangi, misalnya.
    Sebaliknya, makan di rumah kita bisa atur sendiri. Misalnya, harus rendah garam, tidak makan gorengan, tidak makan jeroan, kuning telur, udang, dsb. Saya menderita darah tinggi 27 tahun. Maka, sangat paham perilaku daran tinggi. Terima kasih.

    • setuju memang benar terkadang beli makanan di luar (warung makan/restoran dsb) makanan tersebut jauh dari unsur makanan sehat yang menyehatkan tubuh

Leave a Reply

5 + = 9