Persahabatan adalah dinamis. Ada kalanya persahabatan itu berjalan lancer tanpa ada masalah, ada kalanya persahabatan itu di uji. Untuk persahabatan yang sedang renggang intimasinya karena ada perbedaan perubahan.

Persahabatan Sehat

Hal hal yang busa anda lakukan antara lain:

Pertama menjaga ritme frekuensinya. Jangan terlalu sering atau jangan sama sekali putus hubungan. Aturlah ritme dan frekuensinya. Jika anda terlalu sering padahal status dan peranan sahabat anda itu sudah tidak seperti dulu lagi, akan berbeda penafsirannya. Tapi jika hubungan itu putus sama sekali, ini juga tidak tepat. Jika keberulan nasib anda ternyara lebih diatas, akan lebih bagus kalau anda yang berinisiatif memulai memelihara persahabaran itu. Misalnya dengan memberikan kabar melalui alat-alat telekomunikasi.

Kedua, Hormati privasinya. Dengan peranan dan status yang sudah tidak seperti dulu lagi tentu sahabat anda ini memiliki aturan hidup baru yang batu, apakah itu terkait dengan keluarfanya atau pekerjaannya, agar persahabatan terap terjaga yang perlu anda lakukan adalah menghormati privasinya, semakin bagus apabila anda juga menghormati orang-orang penting di sekitarnya, misalnya orang tuanya, saudaranya, dan lain-lain. Apabila anda berada di posisi yang sebaliknya (orang yang di cari), yang perlu anda hindari adalah perasaan curiga atau prasangka negative terhadap sahabat anda.

Ketiga, hindari meminta bantuan dengan nada dan gaya menuntut (demanding) kecuali memang ada suasana psikologis yang mendukung dan itu tidak melibatkaaaaaan orang lain selain sahabat anda, lebih lebih, katena tuntutan anda tidak terpengaruhim anda kemudian menyebarkan cerita negative dan bohong, misalnya sahabat anda sekarang berubah, makin sombung, angkuh, tidak peduli, dan lain-lain. Akan lebih bagus bila anda menempuh cara-cara professional yang tetap mengedepankan etika dan strategi, bila anda berada di posisi sebaliknya, hindari mengelaurkan pernyataan semacam tidak bisa, itu sulit, atau itu tidak mungkin atau dengan nada untuk menutup berbagai kemungkina, kalau anda tidak bisa membantu langsung, anda bisa membantu secara tidak langsung. Kalau anda tidak bisa membantu keinginannya anda bisa membantu kebutuhannya. Intinya munculkan semangat untuk membantu, itu semua bisa anda lakukan ketika persahabaran anda dulu adalah persahabatan dalam hal-hal yang positif. Untuk persahabatan yang negative, tinggalkanlah dengan cara yang baik, misalnya dulu anda yang masih terlibat. Tujuannya adalah agar anda tidak terlibat lagi.

Manfaat persahabatan

Persahabatan ditandai oleh adanya kerjasama yang intens, baik sexara material maupun spiritual. Ketika seseorang membutuhkan bantuan dari orang lain, yang terpikir salam benaknya adalah orang terdekat yakni sahabat. Demikian juga ketika ia membutuhkan teman untuk menikati keberhasilan untuk berlibur bersama, untuk bersenang-senang, yang terpikir adalah sahabat. Inilah salah satu manfaat persahabatan dalam konteks pengembangan diri. Anda dapat mencapai pertumbuhan diri yang lebih melalui kerjasama dengan sahabat.

Keuntungan kedua dalam menjalin persahabatan adalah saling mendukung dan memahami secara emosional. Pemahaman ini diperoleh berkat komunikasi yang intens baik secara langsung maupun tidak langsung. Seorang sahabat biasanya memiliki emapti yang lebih besar.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 76 = 80