Berbagai Wujud Benda Cair Padat dan Gas

Sifat Benda padat cair dan gas

Benda-benda yang ada disekitar kita sangat beragam. dari keragaman itu benda-benda dapat dikelompokkan berdasarkan wujudnya. menurut wujudnya, benda dibedakan menjadi tiga, yaitu benda padat, benda cair, dan benda gas.

Benda padat, benda padat memiliki sifat dan volume tetap. Misalnya adalah tas, buku, dan pensil yang kamu pakai setiap hari.

Benda cair, benda cair memiliki sifat yang cukup rumit yaitu: *)bentuk sesuai wadahnya. air yang ada dalam gelas akan berbentuk gelas, begitu pula juga air yang ada dalam botol atau aquarium. *)Mengalir, benda cair mengalir dari tempat tinggi ketempat rendah ini karena adanya gaya grafitasi bumi. contohnya adalah semua sungai yang berhulu di daerahpegunungan akan memiliki hilir di daerah pantai atau danau yang lebih rendah. *)meresap, benda cair memiliki kemampuan meresap melalui pori-pori kecil. kemampuan tersebut dikenal dengan nama daya kalilaritas. contohnya adalah kompor minyak. dalam kompor minyak serdapat dumbu kompor. minyak (benda cair) tersimpan di tabung bagian bawah lalu meresap keatas melalui sumbu-sumbu kompor. Di bagian atas sumbu menyala api sehingga api tetap menyala karena minyak terus meresap keatas. *)volumenya tetap, air memiliki volume tetap dan tidak berubah.

sifat air sains indonesia

Percobaan Sains Sifat Air Sumber Gambar coffeecupsandcrayons .com

Benda Gas, benda gas juga memiliki sifat unik yaitu: *)Menempati ruang, Semua ruang akan dipenuhi oleh benda gas. Ruang kelas, kamar mandi, kamar tidur, dan semua tempat di penuhi oleh gas. *)Dapat bergerak kesegala arah. ini ditentukan oleh tekanan udara. pada dasarnya gas juga mirip benda cair. benda gas akan bergerak dari daerah yang suhunya tinggi ke daerah yang suhunya rendah. contohnya angin darat dan angin laut. Angin darat terjadi pada malam hari kerika suhu daratan tinggi san suhu laut rendah sehingga udara bergerak dari darat ke laut. Ini biasanya dimanfaatkan angin menerpa layar. *) Bentuknya berubah sesuai tempat. Misalnya gas yang ada di dalam balon berbentuk balon, gas yang didalam ban aka berbentuk ban. dan lain sebagainya. *)Volumenya berubah-ubah karena gas dapat memuai dengan cepat.

 

Tag: , , , ,


Leave a Reply

64 − = 57