Bagian-Bagian Tumbuhan Bunga, Buah dan Biji

Biji Buah dan Bunga teori Tumbuhan

Bunga
Bunga ikut berperan dalam proses pembentukan biji, bunga merupakan tempat terjadinya penyerbukan. Bagian-bagian bunga adalah:

  • Tangkai bunga, gunanya untuk memperkuat dan menegakkan bunga.
  • Kelopak bunga, gunanya untuk melindungi bunga saat kuncup
  • Mahkota Bunga, gunanya untuk menarik perhatian serangga serta melindungi benang sari dan putik. Mahkota bunga mengandung madu.
  • Putik, gunanya sebagai alat reproduksi betina pada tumbuhan yang akan menghasilkan sel serbuk betina.
  • Benang sari (stamen), gunanya sebagai alat reproduksi jantan pada tumbuhan yang akan menghasilkan sel serbuk jantan.

Bunga dapat dibedakan menurut lengkap atau tidaknya bagian-bagian bunga, ada tidaknya alat reproduksi bunga, dan ada tidaknya jantan/ betina dalam satu pohon.

  • Menurut  kelengkapan bagian-bagiannya, bunga dibedakan menjadi dua macam yaitu:              *) Bunga lengkap, yaitu bunga yang memiliki semua bagian bunga. Contohnya adalah bunga sepatu. *) Bunga tidak lengkap, yaitu apabila bunga tersebut tidak memiliki sedikitnya salah satu bagian-bagian bunga.
  • Berdasarkan ada tidaknya alat reproduksi pada bunga, bunga dibagi menjadi tiga macam yaitu: *) Bunga jantan, yaitu bunga yang hanya memiliki alat reproduksi jantan (benang sari).      *) Bunga betina, yaitu bunga yang hanya memiliki alat reproduksi betina saja (putik). *)Bunga sempurna (hermafrodit) yaitu bunga yang memiliki benang sari sekaligus putik.
  • Berdasarkan ada atau tidaknya bunga jantan dan bunga betina tumbuhan dibedakan menjadi dua macam yaitu : *) Tumbuhan berumah dua, yaitu tumbuhan yang memiliki bunga jantan dan bunga betina pada pohon yang berbeda, contohnya salak dan pakis haji. *) Tumbuhan berumah satu, yaitu tumbuhan  yang memiliki bunga jantan dan betina dalam satu pohon, baik pada satu bunga maupun pada bunga yang berbeda. Contohnya adalah jagung, mangga, kacang-kacangan, jambu-jambuan, dan terung-terungan.
bunga vanili
bunga vanili

Biji
Di dalam buah umumnya terdapat biji. Biji merupakan alat perkembangbiakan pada tumbuhan. Biji merupakan calon individu baru.

Berdasarkan tertutup atau tidaknya bij oleh daging dan buah, tumbuhan biji dibagi menjadi dua kelompok, yaitu :
*) Tumbuhan berbiji terbuka. Biji tumbuhan jenis ini tidak terbungkus oleh daging buah, contohnya : jambu mete, pakis haji, pinus, dammar, dan melinjo. *) Tumbuhan berbiji tertutup Biji tumbuhan jenis ini tertutup oleh daging buah. Contohnya adalah mangga, rambutan, durian, jeruk, anggur dan jambu air.

Merdasarkan jumlah keping biji, tumbuhan biji tertutup di bedakan menjadi dua yakni dikotil dan monokotil
Untuk mempermudah menbedakan tumbuhan monokotil dan dikotil berikut adalah table pembedanya

Pembeda Monokotil Dikotil
Keping Biji Satu (mono) Dua (duo)
Akar Serabut Tunggang
Tulang Daun Menyirip Menjari
Helai Mahkota 3 Atau Kelipatannya 4,5 atau kelipatannya
Kambium Batang Tidak berkambium Berkambium

Buah
Buah merupakan hasil dari penyerbukan yang diikuti permbuahan, penyerbukan merupakan peristiwa jatuhnya serbuk sari ke kepala putik, sedangkan pembuahan adalah proses bersatunya sel reproduksi jantan dan sel reproduksi berina, kemudian membentuk zygote. Buah terdiri atas kulit buah, daging buah, dan biji. Buah merupakan tempat penyimpanan cadangan makanan pada tumbuhan.

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *