Bagaimana Meningkatkan Imajinasi Anak Untuk Generasi Emas

merangsang imajinasi anak

Kemajuan teknologi saat ini semakin mudah diakses oleh semua generasi, termasuk anak-anak. Seringkali hal ini menyebabkan berkurangnya kebiasaan membaca. Keadaan ini tentulah mengkhawatirkan, karena membaca memiliki banyak manfaat. Di antaranya menumbuhkan daya imajinasi kreatif anak, yang pada akhirnya meningkatkan kecerdasannya.

Supaya keadaan tersebut dapat diminimalisir dan anak-anak dapat berimajinasi kreatif, berikut beberapa hal yang dapat dilakukan orangtua:

  • Biasakan membaca sejak usia dini, bahkan banyak orangtua yang membaca dengan suara keras saat anak masih di dalam kandungan.
  • Bacakan buku, bahkan saat si kecil masih bayi. Karena dengan demikian akan dapat membangun koneksi sel otak dan terus bertahan. Bahkan anak yang sering dibacakan buku sebelum tidur akan memiliki kemampuan membaca yang baik saat dia memasuki usia sekolah.
  • Selain membacakan buku, orangtua perlu mendongeng. Dongeng sebelum tidur memiliki manfaat yang sama dengan membacakan buku. Dengan mendongeng, imajinasi kreatif anak akan tumbuh, salah satunya karena dia dapat mengembangkan jalan ceritanya.
  • Sediakan buku-buku di rumah di tempat yang mudah terlihat. Misalnya letakkan rak buku di ruang keluarga
  • Isi rak atau lemari buku dengan berbagai buku yang bermutu
  • Ajak anak berkunjung ke perpustakaan atau toko buku secara rutin.
  • Biasakan memberikan hadiah berupa buku
  • Ajak anak berdiskusi mengenai isi cerita yang baru mereka baca. Pancing agar anak dapat mengembangkan cerita. Dan mintalah agar dia membuat kesimpulan.

Tentu saja, yang paling penting adalah contoh nyata dari orangtua dan orang-orang yang dekat dengan mereka

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membangkitkan imajinasi anak. Imajinasi merupakan hal penting untuk anak karena dapat meningkatkan kecerdasan seorang anak.

Berbagi cerita
Gunakanlah karakter anak sebagai karakter utama sesuai dengan cerita yang dibaca. Hal ini merupakan cara yang baik untuk memperluas harga dirinya.

Bermain musik
Ajaklah anak Anda untuk mendengarkan berbagai lagu bersama-sama dan doronglah agar anak Anda dapat berpartisipasi menyanyi, atau menari atau bermain instrumen buatan sendiri.

Bermain pura-pura
Ketika anak menciptakan skenario dan alur cerita dengan karakter fantasinya, disitulah sebenarnya anak Anda sedang mengembangkan ketrampilan sosial dan verbal.

Gunakan Alat Peraga
Menggunakan alat peraga sebagai sarana belajar anak dapat meningkatkan imajinasi anak Anda. Gunakan properti apa saja yang dapat digunakan untuk bermain imajinasi dan semakin sederhana properti yang digunakan akan semakin baik. Misalnya menggunakan kardus menjadi mobil-mobilan.

 

Tag: , , , , ,


Leave a Reply

*

code