Asiknya Ternyata Hutan Punya Banyak Manfaat Bagi Manusia

indahnya wisata hutan

Manfaat hutan bagi manusia seperti manfaat makanan bagi tubuh. Tidak heran jika hutan tropis disebut sebagai paru-paru dunia karena hutan tropis menyediakan oksigen dalam jumlah sangat besar untuk kehidupan seluruh mahluk hidup di bumi. Secara pokok setidaknya ada tiga manfaat lingkungan dan manfaat hiburan.

Manfaat ekonomi.

Hutan menghasilkan beberapa produk. Kayu dari pohon yang ditebang dapat digunakan sebagai bahan bangunan. Manusia telah menemukan alat pengolah kayu menjadi kertas yang sekarang banyak kita gunakan. Rotan digunakan untuk furniture pengganti kayu. Daun Eucalyptus makanan koala ternyata mengandung minyak yang dapat diolah. Daun kayu pputih (melaleuca leudendron) dipanen untuk diolah menjadi minyak kayu putih.

Perusahaan pembuatan ban mobil, motor, sepeda dan kendaraan lain memerlukan getah lateks dari pohon karet. Selain itu juga diperlukan sebagai bahan berbagai jenis lemak, getah, minyak dan lilin. Semua senyawa kimia yang dihasilkan oleh daun, batang, buah, biji, dan bunga memiliki manfaat yang tinggi dalam industri pengolahan obat-obatan manusia terus membutuhkan kayu dengan melaukan penebangan ahli-ahli mineral melakukan pengeboran si dana sini untuk mendapatkan mineral-mineral berharga, minyak bumi, batu bara, emas, intan, batu-batuan. Pertanian skala besar telah membuka jutaan hektar lahan hutan menjadi lahan untuk membangun jalan, bangunan-bangunan, jembatan. Gedung pencakar langit, monument dan sebagainya.

Manfaat lingkungan

Hutan membantu menahan air hujan dengan akar-akarnya dan kokoh sehingga mencegah tanah longsor karena air hujan berlebih. Air hujan ini kemudian akan diserap menjadi air tanah didalam tanah air disimpan dalam kantong-kantong penyimpanan air yang dalamnya bisa puluhan kilo dari permukaan tanah. Air tersebut mengalir membentuk sungai di dalam tanah.

Air itu kemudian muncul menjadi mata air lalu mengalit membentuk sungai di permukaan tanah. Air tersebut mengalir hingga ke laut terkadang mengumpul menjadi satu jadi danau.

Seluruh mahluk hidup melakukan respirasi yang menghasilkan karbondioksida. Bahkan beberoa benda buatan manusia seperti kendaraan aktifitas pembakaranm dan gejala alam lain pun menghasilkan karbon dioksida. Bahkan beberapa dioksida ini nantinya di serap oleh pohon dan tumbuhan yang digunakan dalam proses fotosintetis.

Jika tidak ada pohon dan tumbuhan, jumlah karbon dioksida akan menumpuk dan menyebabkan bumi menjadi panas. Hal ini mengakibatkan lapisan atmosfer bumi lama kelamaan robek.

hotel-forest
Beautiful Hotel in the Forest – Sumber Gambar oddities123[.]com
Manfaat hiburan

Kita membutuhkan suasana baru berupa keindahan alam yang memberikan kesegaran dan kesehatan bagi tubuh serta jiwa. Sering kali kita memilih untuk berekreasi ke puncak yang masih memiliki hutan dan keindahan alam lain seperti gunung, sungai, serta beberapa hewan liar. Kita tidak hanya bisa menyewa tempat-tempat penginapan yang ada di sekitr lokasi tempat rekreasi, tetapi juga bisa melakukan kegiatan berkemah bersama, naik gunung, maupaun outbond berjalan-jalan di sekitar hutan,

Hutan memang memberi sangat banyak manfaat. Oleh karena itu, kita harus senantiasa turut serta menjaga dan melestarikannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

46 − 43 =